Loading...

Goerge Ferris | Penemu Ferris Wheel atau Komedi Putar

Goerge Ferris tokoh penemu dan pencipta komedi putar (ferris wheel). Pernah kah anda sekalian naik komedi putar? Komedi putarBiasanya saat ada tontonan pasar malam, hiburan komedi putar tidak ketinggalan. Bahkan ada orang yang sudah kecanduan menaiki komedi putar.. mereka adalah orang-orang yang suka pada ketinggian dan menikmati keindahannya. Tapi tahukah anda siapa penemu dan pencipta komedi putar yang terkenal itu? Berikut ini adalah biodata George Ferris, penemu dan pencipta komedi putar.

George Ferris lahir pada tanggal 14 Februari 1859 di galesburg, Illinois, Amerika Serikat dengan nama lengkap George Washington Gale Ferris, Jr yang diambil dari nama ayahnya. Sedangkan ibunya bernama Martha Edgerton Hyde. sejarah komedi putar di awali ketika pada 1891, ketika goerge Ferris sudah menjadi insinyur. Pada saat itu ada sayembara yang di selengarakan oleh World’s Columbian Exposition untuk para insinyur di Amerika Serikat. Sayembara itu berisi tantangan untuk membuat suatu karya yang orisinil dan unik yang bisa mengungguli Menara Eiffel di Paris.

Dalam ajang World’s Columbian Exposition yang digelar di Chicago pada tahun 1893, George Ferris turut serta dengan membawa design sebuah roda raksasa yang dapat  berputar dan bisa membawa penumpang. Ide kreatif itu semula di ragukan dengan alasan keamanan. Namun kemudian setelah unsur keamanan terpenuhi dan terbukti tidak berbahaya, komedi putar itu dapat di pajang di arena pameran. Dan menarik minat para penonton untuk menaikinya. Akhirnya sejak saat itu komedi putar  karya George Ferris menjadi terkenal dan fenomenal.

George Ferris meninggal dalam usia 37 tahun pada 22 November 1896, di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Namun begitu karyanya telah menjadi monumen peringatan untuk dirinya. Begitu pula tanggal kelahirannya yang betepatan dengan hari valentine.


Blog, Updated at: 9:09:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com