Vegetasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Vegetasi. Vegetasi adalah berbagai macam jenis tumbuhan atau tanaman yang menempati suatu ekosistem. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, vegetasi di definisikan sebagai suatu bentuk kehidupan yang  berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan atau tanam-tanaman. Istilah vegetasi dalam ekologi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komunitas tumbuh-tumbuhan yang hidup di dalam suatu ekosistem.

Pengertian Vegetasi Vegetasi dapat juga di definisikan sebagai tumbuhan penutup permukaan bumi. Vegetasi seperti ini dapat berbeda berdasarkan lokasi dan waktu serta bergantung pada komposisi penyusunnya. Vegetasi yang ada di suatu tempat akan berubah seiring dengan perubahan iklim. Berdasarkan lokasi dan keluasannya vegetasi dapat di bedakan kedalam banyak formasi. Masing-masing formasi vegetasi di beri nama sesuai dengan spesies tumbuhan yang paling dominan Contohnya formasi vegetasi taiga, savana, tundra, dll.

Vegetasi yang ada di suatu tempat dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan iklim dan aktivitas manusia. Seperti vegetasi yang pernah ada di hutan Afrika dahulu kala. Afrika di kenal dengan hutan hujan tropisnya. Namun karena aktivitas penebangan hutan yang tidak mengindahkan kelestarian alam, perlahan namun pasti, hutan hujan tropis yang dahulu merupakan paru-paru dunia berubah menjadi gurun pasir yang tandus dan gersang. Vegetasi lama telah punah di gantikan vegetasi jenis baru yang sesuai dengan kondisi iklim dan keadaan ekosistem yang sekarang.

Vegetasi yang terbentuk dari kumpulan tumbuh-tumbuhan di suatu tempat dapat di analisa komposisinya. Analisa vegetasi adalah cara mempelajari susunan (komponen jenis) dan bentuk (struktur) vegetasi dalam suatu ekosistem. Analisa vegetasi berfungsi untuk mengukur dan menentukan komposisi jenis tumbuhan, dominansi spesies, kerapatan tumbuhan maupun keadaan penutupan tajuknya. Analisa vegetasi dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

Metode analisa vegetasi

  • Metode Kuadran,
  • Metode garis,
  • Metode tanpa plot dan
  • metode kwarter

Selain metode analisa vegetasi diatas, ada juga beberapa nama ragam metode analisa lain seperti:

  • Analisa vegetasi dengan cara petak tunggal,
  • Analisa vegetasi dengan cara petak berganda
  • Analisa vegetasi dengan cara jalur (Transek)
  • Analisa vegetasi dengan cara garis berpetak
  • Analisa vegetasi dengan cara tanpa petak

Pengertian dan definisi vegetasi menurut Marsono (1977) adalah kumpulan tumbuh-tumbuhan  yang biasanya terdiri dari beberapa jenis spesies yang hidup bersama-sama pada suatu tempat. Dalam mekanisme kehidupan bersama tersebut muncullah interaksi yang erat, diantara sesama individu penyusun vegetasi itu sendiri maupun dengan organisme lainnya sehingga menjadi satu kesatuan sistem yang hidup dan tumbuh serta dinamis.


Blog, Updated at: Tuesday, April 09, 2013