Loading...

Toksoplasma adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Toxoplasma atau Toksoplasma. Toksoplasma adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh protozoa Toxoplasma gondii yang ditularkan melalui daging dan kotoran hewan terinfeksi. Jadi anggapan bahwa penyakit Toxoplasma disebakan oleh virus adalah salah. Anggapan bahwa penyakit Toxoplasma di tularkan melalui air liur dan bulu kucing juga salah. Karena Toksoplasma biasanya menyerang orang-orang yang gemar memakan daging mentah atau daging yang tidak matang sempurna dan mereka yang kebersihan tubuh dan lingkungannya tidak terjaga dengan baik.

Protozoa adalah sejenis parasit yang hidup didalam tubuh inangnya. Parasit ini menginfeksi hewan berdarah panas seperti mamalia dan manusia, namun perkembangannya yang sempurna adalah dalam tubuh kucing dimana parasit Toxoplasma ini, pada usus halus kucing, akan mengalami daur seksual atau skizogoni maupun daur aseksual atau gametogoni dan sporogoni yang menghasillkan ookista. Ookista ini kemudian di keluarkan bersamaan bersamaan kotorannya. Dalam sekali ekskresi, kucing yang terinfeksi akan mengeluarkan jutaan ookista.

Manusia dan kucing dapat terinfeksi oleh parasit toxoplasma jika mengkonsumsi daging hewan yang mengandung ookista Toxoplasma gondii. Karena itu Toxoplasma gondii termasuk kelompok penyakit zoonosis yaitu penyakit yang dapat ditularkan kepada manusia melalui hewan perantara.  Penularan Toxoplasma gondii biasanya melalui makanan dan kotoran hewan. Terutama jika anda adalah seorang yang gemar memakan daging mentah, lalapan yang tidak di cuci bersih dan suka berkebun. Daging mentah dari hewan yang terinfeksi merupakan sumber dari penularan penyakit Toksoplasma pada manusia dan kucing. Sayuran yang dimakan mentah dan tidak di cuci bersih juga dapat menjadi perantara penularan Toxoplasma gondii. Serta kotoran yang melekat di tangan setelah berkebun dapat juga menjadi media perantara. Karena itu di sarankan agar anda memasak daging hingga matang sempurna sebelum di konsumsi dan sebaiknya menggunakan kaos tangan jika berkebun.

Meski parasit Toxoplasma dapat tumbuh dan berkembang sempurna di dalam tubuh kucing dengan baik, namun kucing bukanlah sumber dari protoza itu sendiri. Kucing juga merupakan hewan korban infeksi dari parasit totoplasma. Sumber utama dari protozoa adalah daging mentah yang terinfeksi yang dimakan oleh kucing. Seperti tikus, kecoa ataupun cicak. Selain kucing dan manusia, parasit toksoplasma juga dapat menginfeksi hewan-hewan yang lain seperti burung, ayam, bebek, anjing, kelinci, dan lebih-lebih babi. Jadi bukan hanya kucing, semua jenis hewan berpeluang untuk menyebarkan parasit Toxoplasma gondii.

Lalu apakah gejala yang muncul jika seseorang terinfeksi parasit protozoa Toxoplasma gondii? Pada manusia yang sehat 90% dari mereka tidak menunjukan gejala apa-apa. Karena begitu parasit Toksoplasma gondii masuk kedalam tubuh, tubuh akan segera membentuk kekebalan tubuh sehingga parasit toksoplasma tidak berkembang dan terbungkus dalam kista. Tapi begitu pada tubuh yang kekebalan tubuhnya kurang, gejala yang muncul antara lain adalah:

Gejala penyakit Toxoplasma

  • Rasa lelah
  • Flu
  • Nyeri kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • pembesaran kelenjar getah bening (hati & limpa),
  • gangguan pada kulit

Sebenarnya manusia resisten (kebal) terhadap infeksi toksoplasma. Toxoplasma hanya berbahaya pada janin yang di kandung oleh wanita yang terinfeksi parasit oksoplasma.  Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 40 persen wanita hamil pengidap toksoplasma pada awal kehamilan, janin yang dilahirkan akan terinfeksi, dan 15 persen mengalami abortus atau kelahiran prematur. Hasil penelitian lain juga mengatakan bahwa 90 persen bayi yang terinfeksi dapat lahir dengan normal, walaupun dalam masa pertumbuhannya mereka dapat menderita gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, kelainan pada saraf, mata, serta kelainan sistemik seperti pucat, kuning, demam, pembesaran hati dan limpa atau pendarahan. Gangguan fungsi saraf dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan psikomotor dalam bentuk retardasi mental (gangguan kecerdasan maupun keterlambatan perkembangan bicara), serta kejang dan kekakuan yang akhirnya menimbulkan keterlambatan perkembangan motorik.  Infeksi Toksoplasma juga dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan dengan cacat bawaan, menderita penyakit encephalus (tidak memiliki tulang tengkorak), hydrocephalus (pembesaran kepala), dan bahkan kematian.

Begitu buruknya dampak dari wanita hamil yang terinfeksi parasit Toxoplasma maka sebagai tindakan pencegahan, setiap wanita yang akan hamil sebaiknya melakukan tes TORCH untuk mengetahui apakah tubuh mereka terinfeksi parasit Toksoplasma etc. Dari tulisan panjang lebar diatas, satu yang ingin Kamus Q tekankan bahwa, bukan hanya kucing yang dapat menularkan penyakit toxoplasma tetapi lebih pada pila hidup anda sendiri.


Blog, Updated at: 8:21:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com