Lycopene adalah | Pengertian dan Definisi Likopen

Pengertian dan definisi Lycopene. Likopen atau lycopene adalah zat warna merah pada buah tomat yang masak. Selain pada buah tomat, Lycopene juga di temukan pada jambu biji merah, semangka dan jeruk bali atau pomelo. Lycopene merupakan senyawa yang tergolong dalam keluarga carotenoids. Yaitu sejenis pigmen pada sayur dan buah yang memberikan warna orange hingga merah seperti pada wortel, pepaya, dll. Bedanya, Lycopene memiliki struktur yang lebih panjang dari semua jenis karotenoids yang ada. Lycopene memiliki struktur ikatan rangkap terkonjugasi dengan dua cincin terbuka pada bagian ujungnya. Cincin terbuka pad bagian ujung inilah yang membuat Lycopene berfungsi sebagai antioksidan yang sangat efisien untuk menetralkan radikal bebas yang bersifat karsinogenik.

Buah Tomat Sumber Lycopene yang paling utama adalah buah tomat. Lycopene yang terkandung pada buah tomat lebih tinggi dari jenis buah-buahan lain yaitu sekitar 1500S.I/100 gram. Lycopene pada buah tomat lebih efektif di absorpsi tubuh jika dikonsumsi setelah di proses seperti dalam bentuk jus tomat, sari buah tomat, atau setelah melalui pemanasan dan proses mekanik lainnya. Karena proses mekanik dan pemanasan akan menyebabkan sel tanaman pecah dan melepaskan lycopene. Selain itu proses pemanasan juga dapat menginduksi perubahan isomerasi lycopene dari bentuk tran ke bentuk cis. Dimana Cis-lycopene mempunyai bioavailibilitas lebih baik dari bentuk trans. Karena itu tomat lebih baik di konsumsi dalam bentuk olahannya daripada dalam bentuk segar jika ingin di mendapat manfaat dan khasiat tomat yang tinggi dari kandungan Lycopenenya.

Lycopene  pada tomat merupakan jenis antioksidan alami yang sangat efektif dan efisien dan terbukti dapat mencegah dan memperbaiki segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Seperti kita ketahui radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari segala jenis gangguan metabolisme tubuh dan bersifat karsinogenik. Penelitian para ilmuwan telah membuktikan bahwa lycopene pada tomat tidak hanya efektif mencegah kanker tetapi juga mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Lycopene bukan merupakan zat yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun demikian mengkonsumsi likopen berlebihan tetap menimbulkan efek samping yaitu perubahan warna pada kulit dam kuku menjadi oranye kemerahan. Dan efek samping ini dapat di hilangkan jika konsumsi lycopene di hentikan sehingga kulit kembali ke warna aslinya. Gejala perubahan warna pada kulit akibat konsumsi likopen yang berlebihan di sebut dengan istilah lycopenodermia.

Manfaat lycopene untuk kesehatan sangat banyak, antara lain adalah:

  • Mentralkan radikal bebas
  • Mencegah penyakit kanker
  • Mencegah penyakit jantung,
  • Menjaga kesehatan mata, gigi, tulang dan kulit
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Bersifat antitoksin terhadap racun-racun berbahaya seperti alfatoksin, siklosporin, kadmium, dll


Blog, Updated at: Tuesday, April 23, 2013

0 comments: