Loading...

Kastrologi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Kastrologi. Kastrologi adalah istilah bahasa untuk menyebut seseorang yang pandai menanak nasi menggunakan kastrol. Sepintas, kata kastrologi memang seperti salah satu jenis ilmu yang ada di dunia. Padahal sebenarnya bukan. Kastrologi adalah istilah buatan yang diciptakan secara iseng oleh mereka yang sangat menikmati nasi liwet yang di masak dengan kastrol. Kastrol adalah nama lain dari periuk. Yaitu sebuah alat memasak yang berbentuk seperti tabung yang di pontong pendek terbuat dari bahan sejenis alumunium tetapi kdan tebal.

Kastrol Dalam bahasa gaul, kastrologi juga di gunakan untuk menyebut seseorang yang tinggal di pesantren. Istilah ini kembali berhubunga dengan kastrol. Sebab mereka yang tingga di pesantren biasanya memang masak secara sederhana menggunakan kastrol. Nama nasi yang di masak menggunakan kastrol adalah nasi liwet. Kegiatan memasak menggunakan kastrol ini sangat simple dan tidak ruwet. Serta banyak menghemat tenaga dan waktu. Kelemahannya hanya satu, jika api yang di pakai untuk memasak terlalu panas, maka nasi bagian bawah akan gosong dan menempel di alas kastrol.

Kastrol dan pesantren tradisional memang tidak bisa di pisahkan. Seseorang yang tinggal di pesantren untuk mencari ilmu di tuntut untuk dapat hidup bertirakat dimana waktu hidupnya sebagian besar digunakan untuk belajar dan menuntut ilmu. Sehingga segala sesuatunya hingga dalam hal masak-memasak di buat sesederhana mungkin.  Waktu yang ada di utamakan untuk belajar. Makan hanyalah sebuah usaha untuk bertahan hidup dan bukan suatu kemewahan. Karena itu, pesantren tradisional pada zaman dahulu lebih memilih menggunakan kastrol sebagai alat memasak karena lebih mudah, sederhana dan hemat.

Berbeda dengan pesantren modern yang saat ini sedang berkembang pesat. Mereka memasak mengunakan magicom atau rice cooker. Tujuannya sama, yaitu menghemat waktu dan tenaga. tapi tetap saja dari segi keuangaan memasak menggunakan kastrol lebih hemat. Karena biaya listrik jika di bandingkan dengan kompor gas lebih murah kompos gas.

Ahli Kastrologi juga merupakan kata ganti bagi istilah orang pesantren. Namun dengan konotasi yang sedikit tidak baik atau bernada sinis. Kenapa orang pesantren sering di sindir sebagai ahli kastrologi…karena setiap orang yang keluar dari pesantren selain mendapat ilmu agama dan pengetahuan umum lainnya juga mendapat kan ilmu tambahan yaitu keahlian memasak menggunakan kastrol. Karena itu disebut sebagai ahli kastrologi.


Blog, Updated at: 7:47:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com