Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Adsorpsi

Faktor-faktor yang mempengaruhi Proses Adsorpsi. Proses adsorpsi dipengaruhi oleh beberapa faktor. fator-faktor tersebut akan menentukan kecepatan adsorpsi, kinetika adsorpsi serta kualitas bahan yang di adsorpsi. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses adsorpsi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses Adsorpsi antara lain adalah:

  • Kecepatan Pengadukan,  kecepatan pengadukan berpengaruh pada kecepatan proses adsorpsi dan kualitas bahan yang di hasilkan. Jika pemgadukan terlalu lambat maka proses akan berjalan proses adsorpsi akan berjalan lambat juga. Tetapi jika pengadukan terlalu cepat maka akan muncul kemungkinan struktur adsorbat mengalami kerusakan.
  • Luas Permukaan, semakin luas permukaan adsorben maka semakin banyak zat yang teradsorpsi.
  • Jenis dan Karakteristik Adsorban,  jenis adsorben yang digunakan umumnya adalah karbon aktif. Ukuran partikel dan luas permukaan karbon aktif akan menentukan tingkat dan kemampuan adsorpsi. Ukuran partikel karbon mempengaruhi tingkat adsorbsi yaitu tingkat adsorbsi naik jika ukuran partikel kecil. Oleh karena itu adsorbsi menggunakan karbon PAC (Powdered Acivated Carbon) lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan karbon GAC (Granular Acivated Carbon). Kapasitas total adsorbsi karbon tergantung pada luas permukaannya. Ukuran partikel karbon tidak mempengaruhi luas permukaanya. Oleh sebab itu GAC atau PAC dengan berat yang sama memiliki kapasitas adsorbsi yang sama.
  • Jenis dan karakteristik adsorbat, jeni adsorbat dengan rantai yang bercabang biasanya lebih mudah diadsorpsi dibandingkan rantai yang lurus. Kemampuan adsorpsi adsorbat biasanya akan meningkat jika memiliki polarisabilitas dan berat molekul yang tinggi.
  • Kelarutan Adsorbat, senyawa yang terlarut memiliki gaya tarik-menarik yang kuat terhadap pelarutnya sehingga lebih sulit diadsorbsi dibandingkan senyawa tidak larut. 
  • Struktur molekul adsorbat dan kosentrasinya, Hidroksil dan amino dapat mengurangi kemampuan adsorpsi, sedangkan Nitrogen meningkatkan kemampuan tersebut. Semakin besar konsentrasi adsorbat dalam larutan maka semakin banyak jumlah substansi yang terkumpul pada permukaan adsorben.
  • pH, tingkat keasaman adsorbat berpengaruh pada proses adsorpsi. Asam organik lebih mudah teradsorbsi pada pH rendah, sedangkan adsorbsi basa organik efektif pada pH tinggi. 
  • Temperatur, naik turunnya tingkat adsorpsi di pengaruhi oleh temperatur.  Pemanasan adsorben akan menyebabkan pori-pori adsorben terbuka sehingga daya serapnya meningkat. Tetapi pemanasan yang terlalu juga dapat membuat struktur adsorben rusak sehingga daya serapnya menurun.
Comments
0 Comments

0 comments: