Analisa adalah | Pengertian dan Definisi


Pengertian dan definisi Analisa atau Analisis. Analisa atau analisis atau Analysis adalah suatu usaha untuk mengamati secara detail sesuatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Analisa berasal dari kata Yunani kuno analusis yang artinya melepaskan. Analusis terbentuk dari dua suku kata, yaitu ana yang berarti kembali, dan luein yang berarti melepas sehingga jika di gabungkan maka artinya adalah melepas kembali atau menguraikan. Kata anlusis ini di serap kedalam bahasa inggris menjadi analysis yang kemudian di serap juga ke dalam bahasa Indonesia menjadi analisis.


Kata analisa atau analisis atau analysis di gunakan dalam berbagai bidang. Baik dalam bidang ilmu bahasa, ilmu sosial maupun ilmu alam (sains), dll. Dalam ilmu bahasa atau linguistik analisa di definisikan sebagai suatu kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam. Dalam ilmu sosial, analisis di mengerti sebagai upaya dan proses untuk menjelaskan sebuah permasalahan dan berbagai hal yang ada di dalamnya. Sedangkan dalam ilmu pasti (sains) pengertian dan definisi analisa adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menguraikan suatu bahan menjadi senyawa-senyawa penyusunnya. Dalam ilmu kimia, analisa di gunakan untuk menentukan komposisi suatu bahan atau zat. Contoh bidang yang paling terkenal dengan kegiatan analisanya adalah bidang Teknologi Makanan.

Dalam ilmu pengolahan pangan adalah suatu mata pelajaran yang dikeanal dengan istilah Analisa bahan makanan dan pertanian. Analisa bahan makanan adalah suatu tahap yang sangat penting dalam industri makanan pada khususnya dan kesehatan masyarakat luas pada umumnya. Karena melalui analisa bahan makanan itulah konsumen bisa tahu bahan-bahan apa yang terkandung di dalam suatu  makanan sehingga kemungkinan adanya zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dapat di minimalkan atau di buang.

Dalam kehidupan ini, segala hal bisa di analisa hanya saja cara dan metode analisanya saja yang berbeda. Namun biasanya dalam mengkaji suatu permasalahan di kenal suatu metode yang disebut dengan istilah Metode Ilmiah.


Blog, Updated at: Monday, April 01, 2013

0 comments: