Adsorben adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Adsorben. Adsorben adalah zat padat yang dapat menyerap partikel fluida dalam suatu proses Adsorpsi. Adsorben bersifat spesifik dan terbuat dari bahan-bahan yang berpori. Pemilihan jenis adsorben dalam proses adsorpsi  harus disesuaikan dengan sifat dan keadaan zat yang akan diadsorpsi dan nilai komersilnya. Berikut ini adalah jenis-jenis adsorben.

Jenis-jenis Adsorben

Secara umum jenis adsorben terbagi menjadi 2, yaitu:

1. Adsorben Polar
Adsorben polar disebut juga hydrophilic. Jenis adsorben yang termasuk kedalam kelompok ini adalah silika gel, alumina aktif, dan zeolit. 

2. Adsorben non polar
Adsorben non polar disebut juga hydrophobic. Jenis adsorben yang termasuk kedalam kelompok ini adalah polimer adsorben dan karbon aktif.

Adsorben yang paling banyak dipakai untuk menyerap zat-zat dalam larutan adalah arang aktif atau karbon aktif. Selain karena harganya yang murah, kegunaannya juga banyak. Karbon aktif atau arang aktif di buat dengan cara membakar tempurung kelapa atau kayu dengan kondisi udara (oksigen) yang terbatas (semi vakum). Arang aktif banyak di gunakan dalam berbagai bidang, baik bidang industri ataupun kesehatan. Arang aktif sangat cocok untuk mengadsorpsi zat-zat organik. Selain arang aktif ada juga adsorben lain yang dapat di gunakan dalam proses adsorpsi, diantaranya adalah:

  • Arang Aktif
  • Silica Gel
  • Alumina Aktif
  • Zeolit


Blog, Updated at: Wednesday, April 17, 2013

0 comments: