Himpunan Semesta adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan Definisi Himpunan Semesta. Himpunan semesta disebut juga semesta pembicaraan. Himpunan semesta atau semesta pembicaraan adalah himpunan yang memuat semua anggota atau objek himpunan yang dibicarakan. Himpunan semesta (semesta pembicaraan) biasanya dinyatakan dengan notasi S. Cara termudah dalam menyatakan himpunan semesta atau semesta pembicaraan adalah dengan menggunakan diagram Venn.

Dengan diagram Venn segala operasi himpunan yang terjadi dalam himpunan semesta dapat digambarkan. Operasi himpunan yang mungkin terjadi dalam sebuah semesta pembicaraan antara lain adalah:

1. Himpunan bagian ( ⊂ )

diagram venn himpunan bagian Himpunan bagian adalah himpunan yang menjadi anggota himpunan lainnya yang masih merupakan bagian dari semesta pembicaraan. Contohnya himpunan bagian adalah: Jika S = {P, A, B}, P = {A, B}, dan B = {A}  atau bisa juga di tuliskan A ⊂ B ⊂ P ⊂ S. Dengan diagram Venn contoh soal di atas dapat digambarkan seperti pada gambar disamping.

2. Irisan Himpunan ( \cap )

irisan himpunanIrisan himpunan atau intersection adalah anggota suatu himpunan yang juga menjadi anggota himpunan lain. Contoh irisan himpunan adalah: jika S = {A, B} A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 4, 6, 8, 10 } atau bisa di tuliskan dengan notasi pembentuk himpunan S = {A, B} dan B \cap A = {2, 4}. Dengan diagram Venn Irisan himpunan dapat digambarkan seperti pada gambar disamping. Irisan himpunan adalah daerah yang berwarna kelabu.

3. Gabungan Himpunan\cup )

gabungan himpunan Gabungan Himpunan adalah pengabungan dua himpunan yang berbeda karena memiliki anggota yang sama. Contohnya: Jika S = {P, Q}  P = { p, i, s, a, u} Q = { s, i, p, a, u} karena memiliki anggota yang sama maka kedua himpunan tadi dapat dituliskan dengan notasi P  \cup Q, dapat digambarkan dengan diagram venn seperti disamping ini.

Selain operasi himpunan diatas, ada juga relasi antar himpunan yang meliputi: Subhimpunan, Superhimpunan, Kesamaan dua himpunan,  Himpunan Kuasa. untuk mengetahui pengertian dan definisi masing-masing relasi antar himpunan diatas, silah tunggu artikel kamusq.com berikutnya.

Comments
0 Comments

0 comments: