Loading...

Macam-macam Penyakit Gangguan Pencernaan

Macam-macam Penyakit Gangguan Pencernaan. Berbagai macam penyakit gangguan pencernaan dapat menyerang alat pencernaan kita jika pola makn dan pola hidup kita tidak sehat. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat adalah salah satu penyebabnya. Seperti halnya penyakit yang menyerang organ-organ tubuh yang lain, penyakit gangguan pencernaan juga dapat mengurangi kualitas hidup manusia yang diserang. Dibawah ini adalah beberapa jenis pentakit gangguan pencernaan yang sering menyerang sistem pencernaan manusia;

Janis-jenis Penyakit Gangguan Pencernaan

Jenis-jenis penyakit gangguan pencernaan tersebut antara lain adalah:
1. Sariawan
Sariawan adalah radang pada rongga mulut yang ditandai dengan luka-luka bernanah pada bibir dan lidah. Penyebab sariawan adalah kuman penyakit. Jika tubuh kekurangan vitamin C dan tidak cukup minum air putih maka akan menyebabkan panas dalam yang dapat menimbulkan sariawan.

2. Karies Gigi
Karies Gigi adalah penyakit gangguan pencernaan yang menyerang gigi. Karies gigi ditandai dengan kerusakan email yang membuat gigi keropos dan berlubang.  Karies gigi disebabkan oleh aktivitas asam yang timbul akibat pembusukan makanan disela-sela gigi.

3. Maag attau Radang Lambung
Maag adalah penyakit gangguan pencernaan yang paling umum ditemui di masyarakat.  Penyakit Maag disebabkan oleh kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika perut kosong, maka asam lambung akan meningkat. Meningkatnya akan lambung inilah yang dapat melukai lambung dan menyebabkan radang lambung. Gejala penyakit maag yang paling umum adalah mual, perih dan kembung.

4. Apendisitis
Apendisitis atau tadang umbai cacing. Banyak yang menyamakan apendisitis dengan radang usus buntu. Padahal yang sebenarnya adalah radang umbai cacing. Umbai cacing berupa tonjolan kecil pada usus buntu (sekum) yang fungsinya sebenarnya tidak begitu diketahui, tetapi penyakit yang menyerangnya dapat berdampak pada kematian. radang umbai cacing ini biasanya disebabkan karena adanya makanan yang masuk kedalamnya dan mengalami pembusukan. Pembusukan itulah yang menyebabkan radang dan pembengkakan. Jika tidak segera diobati, akan menyebabkan umbai cacing pecah yang berakibat pada kematian.

5. Disentri
Disentri adalah penyakit ganguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. bakteri tersebut biasanya masuk kedalam saluran pencernaan melalui makanan yang terkontaminasi. Gejala penyakit disentri adalah muntah dan buang air besar secara terus-menerus.

6. Sembelit
Sembelit adalah penyakit susah buang air besar. Sembelit biasanya disebabkan karena makanan yang kita makan kurang mengandung serat.  Untuk mengegah penyakit sembelit disarankan untuk banyak menkonsumsi buah dan sayur-sayura serta minum air putih minimal 8 gelas sehari.

7. Wasir
Wasir disebut juga penyakit hemaroid. Wasir adalah penyakit pembengkakan pembuluh darah disekitar anus. Biasanya disebabkan karena terlalu lama duduk atau karena penderita sembelit yang akut. Gejala wasir ditandai dengan rasa nyeri dan pendarahan dianus.

Selain penyakit gangguan pencernaan yang tersebut diatas, masih banyak jenis-jenis penyakit gangguan pencernaan yang lain yang tidak tersebut pada kesempatan ini seperti: Hepatitis, Tifus dan paratifus, Parotitis, Peritonis, Flatus, Pankreasitis, Kanker usus besar, kanker Lambung, dll.


Blog, Updated at: 7:15:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com