Unsur Halogen adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan Definisi unsur halogen. Unsur Halogen adalah suatu unsur yang sangat reaktif dan dapat bereaksi dengan semua jenis unsur termasuk gas mulia. Unsur Halogen merupakan unsur-unsur yang terdapat pada golongan VIIA pada tabel unsur periodik. Yang termasuk dalam Kelompok unsur halogen antara lain yaitu: fluor (F), klor (Cl), brom (Br), iodium (I), dan astatin (At).

Unsur halogen mempunyai elektron valensi  ns2np5 dan secara alamiah berbentuk molekul diatomik. Karena itu unsur halogen cenderung untuk membentuk ion negatif bermuatan satu dan hanya membutuhkan satu tambahan elektron untuk membentuk konfigurasi yang stabil seperti gas mulia.  Ion negatif pada unsur halogen disebut sebagai ion halida. Garam yang terbentuk dari reaksi unsur-unsur halogen di sebut garam halida

Unsur-unsur halogen jika bereaksi dengan unsur-unsur dari logam akam membentuk garam. Dari situlah asal muasal nama halogen diberikan pada unsur-unsur golongan VII A ini.  Konon istilah halogen berasal dari bahasa Prancis dan pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Swedia yang bernama Jöns Jakob Berzelius. Halogen secara harfiah diartikan sebagai pembentuk garam. Berasal dari kata Halo yang berarti laut atau garam dan gen yang berarti membentuk. Jika di satukan maka akan mempunyai arti pembentuk garam.

Karena unsur halogen sangat bersifat reaktif maka unsur yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat bereaksi dengan semua jenis unsur yang ada pada tabel periodik termasuk unsur gas mulia. Untuk mengetahui jenis-jenis reaksi unsur halogen dengan berbagai jenis unsur dapat di baca di artikel: Macam-macam reaksi unsur Halogen | Jenis-jenis Reaksi Unsur Halogen. Untuk mengetahui sifat-sifat unsur Halogen dapat di baca di SINI. Sedangkan untuk mengetahui  Manfaat dan Kegunaan unsur Halogen dapat di lihat di SINI.
Comments
0 Comments

0 comments: