Tumbuh – Pertumbuhan adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Pertumbuhan. Tumbuh dalam KBBI didefinisikan sebagai timbul atau hidup dan bertambah besar atau sempurna. Tumbuh adalah sebuah kata dasar yang jika ditambahi imbuan per-an maka akan menjadi pertumbuhan. Pertumbuhan merupakan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang meliputi pertambahan ukuran dan volume tubuh yang bersifat kuantitatif atau dapat diukur.

Definisi Tumbuh dan Pertumbuhan

Tumbuh dan pertumbuhan dapat digunakan untuk benda tak hidup dan benda hidup. Dalam ilmu pengetahuan sosial tumbuh dan pertumbuhan berarti pertambahan nilai dari rendah ke tinggi atau sebaliknya tergantung pada konteks pembiacaraan. Sedangkan pada ilmu pengetahuan alam tumbuh dan pertumbuhan adalah untuk menyatakan perubahan bentuk dan ukuran makhluk hidup dari kecil menjadi besar atau sebaliknya sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Pertumbuhan tidak bisa berdiri sendiri tapi harus ada objeknya. Dengan mengetahui objek apa yang dibicarakan kita dapat mengambil kesimpulan. Contohnya pertumbuhan tanaman, maka secara otomatis kita akan terbayang proses perubahan ukuran tanaman dari kecil hingga besar, dari dalam keadaan berkecambah hingga keluar akar dan daun serta dapat berdiri tegak. Tapi jika kemudian objeknya di ganti menjadi pertumbuhan penduduk maka lain lagi yang dibayangkan. 

Pertumbuhan penduduk berarti bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah. Misal di suatu wilayah jumlah penduduknya 28 jiwa pada tahun 2010, lalu pada 2012 jumlah  bertambah menjadi 36 jiwa ini artinya dalam kurun waktu 2 tahun ada pertambahan 8 jiwa berarti pertambahan penduduknya jika di prosentasekan sekitar 20 %.
Comments
0 Comments

0 comments: