Sistem Klasifikasi 2 Kingdom | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi sistem klasifikasi dua kingdom. Sistem klasifikasi 2 kingdom adalah sistem klasifikasi yang mengelompokan makhluk hidup kedalam 2 kelompok besar, yaitu kelompok hewan dan tumbuhan. Sistem klasifikasi 2 kingdom adalah sistem klasfikasi makhluk hidup tertua di dunia. Perintis dan penemu sistem klasifikasi ini adalah seorang ilmuwan Yunani yang bernama Aristoteles dan muridnya yang bernama Theophrastus. Aristoteles yang hidup pada 322 SM-384 SM menulis buku tentang sejarah hewan dan di waktu hampir bersamaan, Theophratus yang hidup pada 287 SM-371 SM menulis buku tentang klasifikasi tumbuhan.

Sistem klasifikasi dua kingdom kemudian di pertegas oleh Carolus Linnaeus yang merupakan peletakan dasar-dasar klasifikasi modern. Linnaeus juga membagi sistem klasifikasi makhluk hidup menjadi 2 kingdom, yaitu Regnum Animale (hewan) dan Regnum Vegetabile (tumbuhan). Pengelompokan makhluk hidup dalam sistem klasifikasi dua kingdom di dasarkan pada ciri anatomi dan ciri marfologi makhluk hidup itu sendiri.

Sistem Klasifikasi 2 kingdom

Sistem klasifikasi dua kingdom adalah sebagai berikut:

1. Kingdom tumbuhan (Plantae/Plantarum/Vegetabile) adalah semua makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri berdinding sel, berklorofil dan dapat berfotosintesis. Bakteri dan jamur meskipun tidak berklorofil tetap dimasukan dalam kerajaan tumbuhan.

2. Kingdom hewan (Animalia) adalah semua makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri tidak berdinding sel, tidak berklorofil dan dapat bergerak bebas. Makhluk hidup yang termasuk dalam kingdong animalia antara lain adalah Molluska, Porifera, Coelenterata, Arthopoda, eEnchinodermata dan Chordata. Manusia juga termasuk dalam kingdom animalia, jika di lihat dari ciri-ciri diatas.


Blog, Updated at: Sunday, November 04, 2012

0 comments: