Siger Lampung | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Siger lampung. Siger lampung adalah sebuah mahkota yang menjadi lambang keagungan dan kehormatan masyarakat daerah lampung. Bukan hanya bagi warga asli, tapi bagi warga pendatang, siger menjadi lambang persatuan dan kebanggaan.  Warna siger yang kuning keemasan dapat juga diartikan sebagai simbolisasi kekayaan dan siger lampung luk 7 keoptimisan masyarakat lampung. Bahwa meskipun menjadi tuan negeri, suku asli yaitu penduduk lampung memiliki hati yang kaya dan berjiwa optimis untuk menerima masyarakat pendatang, saling hormat-menghormati dan bekerja sama demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Siger lampung di gambarkan sebagai sebuah mahkota yang memiliki 7 puncak dipuncak tertinggi bercabang tiga. Sehingga secara keseluruhan bisa dikatakan siger lampung memiliki 9 puncak. Namun ada juga yang menggunakan siger berpuncak 7, semuanya tergantung pada kesederhanaan yang dinginkan. Siger berpuncak 9 terlihat lebih mewah dan memiliki kharisma keagungang yang tampak nyata. Ini terlihat  dari aksesoris yang ada di kelima puncaknya dimana pada puncak tertinggi terdapat rangkaian hiasan yang disebut siger lampung luk 9dengan istilah serenja bulan. Sedangkan pada siger yang memiliki puncak 7, penampilannya lebih sederhana tanpa hiasan.

Siger lampung asli biasanya terbuat dari emas murni, namun demi menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan bahan emas kemudian diganti dengan kuningan. Siger sebagai simbol masyarakat lampung di gunakan pada berbagai upacara-upaca adat terutama upacara adat begawi. Siger di pakai sebagai mahkota pengatin dan sebagai mahkota para penari tarian tradisional lampung seperti tari sembah sigeh penguten. Selain itu hampir di setiap kantor instasi pemerintah di daerah lampung memiliki siger yang terpasang di dinding kantornya.

Bahkan Siger kini menjadi simbol mutlak Lampung dengan berdirinya Menara Siger dipintu gerbang lampung yaitu pelabuhan Bakauheni.
Comments
0 Comments

0 comments: