Sel adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Sel. Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup baik secara struktural maupun fungsional. Dalam tubuh makhluk hidup sel tidak berkerja sendiri tapi secara berkelompok. Sekelompok sel yang mempunyai fungsi yang sama membentuk jaringan, sekumpulan jaringan akan membentuk organ, sekelompok organ akan membentuk sistem organ dan sekumpulan sistem organ akan membentuk organisme. Dari situlah definisi sel sebagai unit terkecil dari makhluk hidup diperoleh.


SEL => Jaringan => Organ => Sistem Organ => Organisme


Kata sel berasal dari bahasa latin cellulae yang artinya kamar-kamar kacil. Sel pertama kali diamati oleh seorang ilmuwan Inggris, Robert Hook pada tahun 1665. Dan dilanjutkan oleh penelitian Antoni Van Leuwenhoek yang kemudian terkenal sebagai bapak mikrobiogi. Namun baru pada akhir abad ke 18 para ilmuwan berhasil menyimpulkan bahwa makhluk hidup tersusun atas sel. Dan pada tahun 1885 diketahui bahwa sel dapat berkembang biak dengan membelah diri untuk membentuk sel-sel baru.

Sel sebagai bagian terkecil dari suatu organisme terdiri dari beberapa bagian. Secara umum, sel terbagi menjadi  3 bagian yaitu:
  1. Selaput plasma (plasmalemma)
  2. Sitoplasma dan Organel
  3. Inti sel
Bagian-bagian sel yang tersebut diatas masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. untuk mengetahui bagian-bagian dan fungsinya, silah baca di artikel yang akan datang.
Comments
0 Comments

0 comments: