Loading...

Mikroskop adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Mikroskop. Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa karena ukurannya terlalu kecil. Mikroskop seringkali diidentikan dengan kaca pembesar. Meski sebenarnya susunan dan bentuk  mikroskop sama sekali berbeda dengan kata pembesar kecuali penggunaan lensa cembungnya. Mikroskop mempunyai bentuk dan susunan yang jauh lebih kompleks jika di bandingkan dengan kaca pembesar. Meski secara umum fungsinya adalah sama yaitu untuk melihat benda-benda kecil yang tidak dapat di lihat dengan mata kasar.

Microscope berasal dari kosa kata Yunani  mikros dan scopein. Mikros berari kecil dan scopein artinya melihat. Jika di jadikan satu maka menjadi mikroskop yang didefinisikan sebagai alat untuk melihat benda kecil. Sejarah mikroskop sendiri diawali pada masa Antony van Leeuwenhoek seorang ilmuwan Belanda yang hidup pada tahun 1632-1723.  Antony Van Leeuwenhoek membuat mikroskop pertamanya pada tahun 1675 dengan cara menumpuk beberapa kaca pembesar. Melalui percobaan pertamanya itu Antony bisa mengamati mikroorganisme yang terdapat dalam air. Baik itu ait hujan, air laut maupun ait jambangan bunga. Dari sitilah kemudian kegunaan mikroskop sebagai alat untuk melihat jasad renik mulai dikembangkan.

Prinsip kerja mikroskop sebenarnya sangat sederhana. Alat utama yang terdapat dalam mikroskop adalah 2 buah lensa cembung dan sebuah tabung. Lensa cembung tersebut di beri nama lensa objektif dan lensa okuler. Lensa objektif adalah lensa yang berada dekat dengan objek yang akan diamati yang fungsinya unuk menghasikan bayangan sementara yang bersifat semu, diperbesar dan terbalik. Sedangkan lensa okuler adalah lensa yang letaknya dekat dengan mata pengamat yang salah satu fungsinya dalah untuk membalikan bayangan objek sehingga sesuai dengan kedudukannya semula. Yang tidak kala pentingnya bagi suatu mikroskop agar dapat bekerja dengan sempurna adalah pencahayaan. Untuk dapat diamati, sebuah menda harus di iris dengan sangat tipis sehingga tembus cahaya. Semakin tipis bahan yang digunakan sebagai sample maka semakin dapat diamati dengan jelas.

Seiring perkembangan zaman, miroskop menjadi sebuah kebutuhan bagi para ilmuwan. Karena itu pembuatan mikroskop pun semakin maju pesat. Mikroskop tidak lagi sesederhana saat pertama kali dibuat oleh Antony Van Leeuwenhoek tapi telah menjadi sebuah alat yang rumit dengan kualitas yang lebih baik. Hingga saat ini telah tercipta beberapa jenis mikroskop. untuk mengetahui jenis-jenis mikroskop dapat di sini. Dan untuk melihat bagian-bagian mikroskop dan fungsinya dapat di baca di sini.


Blog, Updated at: 9:18:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com