Manfaat dan Kegunaan Senyawa Halogen | Fungsi Unsur Halogen

Manfaat dan kegunaan senyawa Halogen. Unsur halogen memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari unsur halogen di temukan dalam keadaan terikat dan membentuk senyawa dengan unsur-unsur lain. Baik itu unsur logam, non logam, air, basa ataupun antar sesama unsur halogen.

Manfaat dan kegunaan unsur halogen yang paling penting adalah dalam bentuk garam halida NaCl (Natrium klorida) atau dikenal sebagai garam dapur. Garam halida yang satu ini banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Salah satunya adalah sebagai penyedap masakan, bahan pengawet dan untuk menambah tingkat salinitas dalam suatu bahan. Selain unsur halogen klorin yang bersenyawa dengan unsur natrium membentuk NaCL, masih banyak lagi jenis-jenis senyawa unsur halogen yang bermanfaat dan berguna bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan Halogen beserta fungsinya.

Manfaat dan Kegunaan Senyawa Halogen

1. Senyawa Halogen dengan logam seperti NaCL (Natrium Klorida) berfungsi sebagai bahan penyedap masakan, bahan pengawet dan untuk meningkatkan salinitas bahan.
2. Senyawa Halogen yang berikatan dengan Alkana akan membentuk Alkil halida seperti CFC, HCFC, HFC, dll yang berfungsi sebagai pendingin, bahan baku aerosol, pelarut dan pembersih kering pada berbagai jenis pengeringan minyak.
3. Senyawa Halogen yang bereaksi dengan alkena membentuk senyawa halogenalkena seperti Kloroetena dan Tetrafluoroetena yang berfungsi dalam pembuatan plastik PVC dan PTFE.
4. Senyawa Halogen yang bereaksi dengan hidrogen membentuk asam Halida seperti asam klorida yang berfungsi untuk mengekstraksi logam.
Begitu banyak manfaat dan kegunaan halogen untuk mengetahui lebih detail dapat di lihat pada artikel disini:
Comments
0 Comments

0 comments: