Gender | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Gender. Gender adalah suatu konsep kultural yang merujuk pada karakteristik yang membedakan antara wanita dan pria baik secara biologis, perilaku, mentalitas, dan sosial budaya. Pria dan wanita secara sexual memang berbeda. Begitu pula secara perilaku dan mentalitas. Namun perannya di masyarakat dapat disejajarkan dengan batasan-batasan tertentu.

Pengertian gender didefinisikan sebagai aturan atau normal perilaku yang berhubungan dengan jenis kelamin dalam suatu sistem masyarakat. Karena itu gender sering kali di identikan dengan jenis kelamin atau sex. Meski sebenarnya kedua jenis kata ini yaitu Sex dan gender memiliki konsep yang berbeda.

Lelaki dan wanita secara sexualitas di bedakan berdasarkan alat kelamin yang dimilikinya. namun secara gender perbedaan tersebut tidak menjamin perbedaan gender. Contohnya: seorang wanita secara penampilan di kenal memiliki perasaan yang halus, penampilan yang lemah gemulai, dan berambut panjang. Dan seorang lelaki dikenal sebagai seseorang yang kuat, jantan perkasa, dan berambut pendek. Lalu jika kedua penampilan tersebut tertukar apakah berarti jenis kelamin mereka juga bertukar? jawabnya adalah tidak. 

Dari contoh diatas maka akan dimungkinkan perpaduan antara sex dan gender. Seorang pria yang terkenal kasar, kuat dan jantan dapat berperilaku seperti wanita yang lemah lembut, halus dan gemulai. Begitu pula sebaliknya. Disinilah peran gender diperlukan. Maka disinilah perbedaan antara sex dan gender dapat dijelaskan. Dimana Sex berorientasi pada ciri-ciri biologis, sedangkan gender berorientasi pada perilaku, mentalitas dan sosial budaya. Jika perbedaan antara sex dan gender direalisasikan maka kemungkinan besar pada biodata seseorang akan muncul satu poin tambahan selain jenis kelamin (sex) yaitu gender.

Di zaman modern, identitas sexual seseorang tidak terlalu diutaman, tetapi menggunakan gender sebagai rujukan. Misalnya: Pada pekerjaan yang membutuhkan kekuatan dan ketegasan. Seorang pria yang lemah lembut dan lembek tidak akan dapat memenuhi kriteria yang diperlukan. Tapi seorang wanita yang tegas, perkasa dan memiliki kekuatan dapat menduduki posisi tersebut. Karena itu jika anda mendapat pertanyaan sepert apakah gender anda? jawaban apa yang anda berikan???


Blog, Updated at: Tuesday, November 06, 2012

0 comments: