Biologi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi ilmu Biologi. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Biologi termasuk salah satu ilmu tertua yang telah dikenal sejak zaman prasejarah. Ruang lingkupnya sangat luas. Karena biologi bukan hanya mempelajari tentang makhluk hidup tetapi juga komponen-komponen kehidupan yang mendukung dan berhubungan dengan makhluk hidup. Komponen kehidupan yang berhubungan dengan makhluk  hidup sangat banyak, karena itu untuk mempelajarinya satu persatu akhirnya terbentuklah cabang-cabang ilmu Biologi. Yaitu disiplin ilmu yang berhubungan erat dengan ilmu biologi.

Pengertian Biologi

Karena ilmu biologi memiliki ruang lingkup yang sangat luas, maka para ahli bersepakatan untuk  membuat pengkhususan kajian yang sesuai pada objeknya. Pengkhususan kajian ini bertujuan untuk meningkatkan spengetahuan tentang objek yang dipilih secara lebih mendalam sehingga memberikan manfaat yang semakin besar bagi kehidupan pada umumnya.

Pengkhususan kajian yang mendalam inilah menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi yang seiering dengan bertambahnya waktu semakin berkembang menjadi banyak. Ibarat pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang memiliki banyak cabang. Bahkan setiap cabang akan terus menghasilkan anak cabang ilmu baru yang berkembang semakin pesat. Begitu seterusnya hingga hampir semua komponen dalam ilmu biologi dapat dipelajari secara mandiri dan mendalam. Yang merupakan cabang-cabang ilmu Biologi antara lain: Zoologi, Botani, Mikrobiologi, Histologi, Sitologi, dll.

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Untuk mengetahui cabang-cabang ilmu Biologi secara lengkap dapat dilihat pada tautan dibawah ini:
Perkembangan ilmu biologi dapat memberikan manfaat terhadap peningkatan taraf hidup manusia dengan pemanfaatan sumber daya hayati, mengoptimalkan, diversifikasi, dan konservasinya.
Comments
0 Comments

0 comments: