Benua Asia adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Benua Asia. Benua Asia adalah benua terbesar di dunia. Benua Asia mengisi hampir 1/3 luas daratan di permukaan bumi yang terbentang dari wilayah kutub utara sampai equator dan sebelah barat dari laut tengah, laut merah, pegunungan ural hingga Samudra Pasifik. Secara astronomis letak benua Asia adalah antara 26oBT – 168oBB dan 11oLS -  77oLU.

Pembagia wilayah Benua Asia

Benua Asia yang merupakan benua terluas didunia di bagi menjadi beberapa kawasan. Setiap kawasan dikelompokan berdasarkan posisinya. Berikut ini nama-nama kawasan yang ada dibenua Asia berikut negara yang menjadi anggotanya.

No
Kawasan
Nama-nama Negara
1 Asia Utara Rusia dan semua negara yang ada diwilayahnya
2 Asia Barat Siprus, Turki
3 Asia Barat Daya Lebanon, Israel, Palestina, Suriah, Yordania,Irak, Iran, Afganistan, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman
4 Asia Selatan Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Srilangka
5 Asia Tengah Mongolia, Azerbaijan, Kazakstan, Tajikistan, Turkmenistan, Armenia, Uzbekistan,
6 Asia timur RRC, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan
7 Asia Tenggara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Philipina
Kawasan Asia Barat Daya di sebut juga kawasan imur Tengah adalah wilayah benua Asia yang kaya akan sumberdaya alam berupa minyak bumi. Karena itu negara-negara kawasan timur tengah hampir tidak pernah lepas dari konflik perebutan wilayah. Seperti Agresi militer Iraq ke Kuwait atau agresi Israel ke Palestina yang  banyak menimbulkan korban jiwa.


Blog, Updated at: Thursday, November 29, 2012

0 comments: