Wikipedia – Sumber artikel Terpercaya? | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Wikipedia. Wikipedia adalah sebuah situs yang berisi tentang artikel ensiklopedia dan referensi Online tingkat dunia yang bisa di akses oleh siapa saja, dimana saja selama bisa terhubung dengan internet. Wikipedia seringkali dijadikan referensi atas apapun yang dicari para pengunjung di internet. Apapun yang anda ingin ketahui, sebagian besar sudah ada di Wikipedia. Dan jika anda menuliskan suatu keyword apa saja, kemungkinan paling besar yang menduduki posisi teratas pada hasil daftar pencarian tersebut adalah artikel yang terdapat di Wikipedia. Kenapa wikipedia seperti ada dimana-mana? Karena hingga saat ini bisa dipastikan bahwa satu-satunya situs di internet yang paling banyak memiliki kontent artikel adalah wikipedia. Yang paling banyak memiliki tautan bebas adalah wikipedia. Bisa dikatakan wikipedia adalah salah satu open source terbesar di dunia.

Wikipedia adalah sebuah situs yang didirikan oleh Larry Sanger dan Jim Wales pada bulan Januari 2001. Wikipedia merupakan cabang resmi dari Nupedia, yaitu sebuah ensikopedia yang mempunyai label lebih formal. Wikipedia di kelolah oleh Wikimedia Foundation sebuah perusahaan nirlaba yang bermarkas di Amerika Serikat. Setelah Larry Sanger meninggalkan wikipedia pada tahun 2002, Jim Wales memegang penuh kendali atas wikipedia. Dan mengalang dana untuk semakin mengembangkan Wikimedia melalui donasi. Beberapa nama seperti Jeremy Rosenfeld, Benjamin Kovitz, Seth Cohen, adalah orang-orang yang berperan sebagai staf teknik pada wikimedia.

Apakah Wikipedia menyajikan artikel terpercaya? Hal ini bisa dianggap terserah anda yang menilainya. Karena Wikipedia di tulis oleh para kontributor, tentu saja isinya tergantung pada betapa dalamnya pemahaman kontributor tersebut terhadap objek yang ditulisnya. Wikipedia menekankan agar para penyumbang tulisan bersikap netral dan tidak terbawa perasaan. Yang paling istimewa adalah Wikipedia adalah sebuah situs besar yang bebas iklan.

Wikipedia menggunakan sofware open source yang banyak di gunakan oleh situs-situs berbasir ensiklopedia yang dapat dodownload secara bebas di Mediawiki.Org. Beberapa waktu yang lalu tersebar berita bahwa Wikipedia adalah sebuah situs yang pro Yahudi. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan yahudi akan mendapatkan perhatian paling besar dari para editor Wikipedia. Tapi berita ini belum tentu terbukti kebenarannya. Karena menurut Kamusq.com, tidak perduli siapa pendiri atau orang disebalik wikipedia, sebab satu yang pasti, wikipedia telah memberikan kontribusi yang sangat banyak terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di dunia.
Comments
0 Comments