Loading...

Tempe – Makanan Dari Kedelai | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Tempe. Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi kedelai. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang mulai populer di seluruh dunia. Bukan hanya karena harganya yang murah meriah tetapi juga kandungan nutrisinya yang tinggi. Apalagi jika di buah dari bahan baku yang baik dan bermutu, tempe akan dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan protein yang sangat tinggi.

Namun disebalik itu ada fakta yang tidak diketahui oleh banyak orang tentang tempe. Bahwa sehat dan tidaknya tempe yang kita makan ini tergantung dari bahan bakunya, yaitu biji kedelainya. Saat ini banyak sekali kedelai yang dihasilkan dari proses penanaman yang tidak baik. Baik dari segi bibitnya maupun cara tanamnya.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kedelai banyak mengandung senyawa aktif yang baik untuk kesehatan seperti pitosterol, lecithin, isoflavon, fitoestrogen dan inhibitor protease. Selain itu kedelai juga sumber protein, besi, kalsium, serat fosfor, vitamin B1, B2, B6, E dan asam folat. Senyawa dan usnur-unsur yang terkandung dalam kedelai sangat bagus untuk kesehatan yang antara lain dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi jantung dan kandung kemih, menyembuhkan berbagai gangguan neurologis, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, mengurangi gejala PMS (premenstrual syndrome) dan osteoporosis. Selain itu senyawa isoflavon tertentu yang terdapat dalam kedelai sangat baik untuk mencegah kanker payudara dan colon.

Gambaran yang menakjubkan tentang tempe diatas hanya terjadi jika kedelai yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan tempe adalah kedelai organik yang bebas komponen-komponen kimia beracun dan berbahaya. Seperti kita ketahui, teknologi telah membantu manusia dalam meningkatkan hasil budidaya pertanian. Baik melalui rekayasa genetik ataupun dari obat-obatan pencegah hama dan penyakit tanaman. Kedelai yang ditanam dengan pupuk kimia dan pestisida akan mengandung residu pestisida yang berbahaya bagi kesehatan manusia . Begitu pulan kedelai transgenik. Meski dari segi terbukti lebih tinggi dari kedelai biasa, namun ada isu keamanan yang perlu untuk diteliti ulang.

Tempe memang satu-satunya makanan berprotein tinggi yang murah meriah dan kita semua bergantung padanya. Jika anda merasa ragu dengan tempe yang beredar di pasaran, adalah lebih baik membuatnya sendiri dalam skala rumah tangga yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain karena pasti lebih higienis dan bersih, anda juga dapat memilih bahan baku berkualitas tinggi. untuk mengetahui cara membuat tempe silah membacanya di sini.


Blog, Updated at: 8:49:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com