Semboyan – Arti kata Semboyan | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Semboyan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Semboyan di definikan sebagai tanda atau alamat untuk memberitahukan sesuatu. Mungkin seperti SOS begitu ya? Namun jika di kaitkan dengan pokok pembicaraan yang sedang berlangsung disini, yaitu membahas tentang arti semboyan daerah maka semboyan adalah kumpulan kata atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar, tuntunan, intisari, slogan, motto dari suatu usaha bersama yang dapat membangkitkan semangat dan menjadi ciri khas dari pemilik semboyan yang bersangkutan.

Hampir setiap organisasi yang ada di dunia ini memiliki semboyan. Setiap negara juga punya semboyan. Contohnya negara kita, negara kesatuan republik Indonesaia mempunyai semboyan: Bhineka Tunggal Ika yang diambil dari kitab Sutosoma karya mpu Tantular. Bhineka tunggal ika berasal dari bahasa sansekerta yang artinya berbeda-beda tetap satu juga. Bhineka tunggal ika merupakan intisari dari tujuan murni perjuangan bangsa Indonesia yang ingin bersatu dalam satu wadah negara kesatuan republik Indonesia meski terdiri dari berbagai jenis suku bangsa.

Hampir semua provinsi di Indonesia juga memiliki semboyan, baik semboyan yang menggunakan bahasa daerah dan tertera pada lambang daerah, ataupun semboyan yang berdiri sendiri dan tidak terdapat pada lambang daerah. Contoh semboyan provinsi yang terletak pada lambang daerah adalah semboyan Sang Bumi Ruwa Jurai. Sang Bumi Ruwa Jurai adalah semboyan dari provinsi Lampung yang diambil dari bahasa daerah Lampung yang artinya secra garis besar adalah rumah tangga yang agung yang terbentu dari dua kelompok masyarakat. Semboyan tersebut terdapat pada lambang daerah yang membuat semua masyarakat lampung menjadi mengenalnya. Jika ada ulun lampung ditanya apa semboyan provinsi Lampung tapi tidak tahu bunyinya, maka itu berarti…….

Oleh karena itu, bersama ini kamusq.com menyempatkan diri mencari tautan tentang arti dan makna semboyan yang dimiliki oleh 33 provinsi di Indonesia. Untuk membacanya silah baca di sini


Blog, Updated at: Wednesday, October 10, 2012

0 comments: