Peta – Syarat dan fungsi Peta | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Peta. Peta adalah sebuah gambaran konvensional pada kertas atau benda lain yang menunjukan lukisan keseluruhan atau pun sebagian suatu wilayah atau daerah dipermukaan bumi baik daratan ataupun lautan dalam bentuk simbol atau tulisan dalam ukuran lebih kecil dari kondisi sebenarnya. Peta atau dalam bahasa Inggris disebut map. Peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Sebutan ini mungkin berhubungan dengan kenyataan bahwa lukisan peta dahulu mengunakan kain sebelum kertas ditemukan

Peta mempunyai fungsi yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan. Namun yang paling umum adalah bahwa peta digunakan untuk menunjukan lokasi atau kenampakan wilayah tertentu di atas permukaan bumi. Dengan peta, pola permukaan bumi yang berbentuk tiga dimensi di proyeksikan kedalam bidang datar yang berbentuk dua dimensi.

Fungsi peta yang lebih spesifik adalah bahwa peta di buat untuk:
  • Menyeleksi data
  • Memperlihatkan ukuran
  • Menunjukkan lokasi relatif
  • Memperlihatkan bentuk
Tidak semua gambaran permukaan bumi bisa disebut peta. Untuk bisa disebut peta, sebuah gambaran permukaan bumi harus memenuhi 3 syarat mutlak yaitu:

Syarat-syarat Peta

1. Syarat Equivalent (sama ukuran)
Sebuah peta haruslah memenuhi syarat equivalent yaitu luas daerah atau bidang yang digambar di peta setalah dihitung dengan skalanya harus  sama dengan keadaan yang ada di lapangan.
2. Syarat Equidistand (sama jarak)
Syarat Equidistand adalah jarak di peta jika dikalikan dengan skala yang telah di tentukan sesuai dengan jarak di lapangan.
3. Syarat Conform (sama bentuk)
Syarat conform yaitu bentuk dari sebuah peta yang digambar  harus sebangun dengan keadaan asli atau sebenarnya di wilayah asal atau di lapangan

Selain ketiga syarat diatas, masih ada 3 lagi syarat lagi yang harus diperhatikan saat membuat peta, yaitu bahwa sebuah perta haruslah:
  • Mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pengguna/pembaca peta
  • Harus memiliki aspek keindahan, kerapian dan menarik
  • Mempunyai gaya penyajian yang lengkap, teliti dan sistematis


Blog, Updated at: Thursday, October 11, 2012