Komputer adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Komputer. Menurut KKBI, Komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut perintah yang di instruksikan. Komputer terdiri dari beberapa unit kesatuan kerja, yaitu unit pemasukan data, unit pengeluaran data, unit penyimpanan data dan unit pengontrolan data.

Istilah komputer memiliki pengertian dan definisi yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang masing-masing pihak yang memiliki keperluan dalam mendefinikan komputer. Berikut ini adalah pengertian definisi komputer menurut beberapa ahli, yang antarq lain adalah”

Pengertian dan definisi komputer menurut Donald H.Sanders dalam bukunya Computer Today. Menurut Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima, memproses, menyimpan data input dan menghasilkan output data sesuai dengan prosedur dan berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Pengertian dan definisi komputer menurut William M.Fouri dalam buku Introduction To The Computer. Menurut William M. Fouri, komputer adalah suatu data processor yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia selama permrosesan berlangsung.

Pengertian dan definisi komputer menurut V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky dalam buku Computer Organization. Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan dalam memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Pengertian dan definisi komputer menurut Blissmer (1985),  komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Dari begitu banyak pengertian dan definisi tentang komputer ada satu kesamaan diantara semuanya yaitu bahwa komputer adalah sebuah alat yang dapat memproses data  berdasarkan input dan instruksi yang diterimanya dan mengeluarkan dalam bentuk informasi yang dibutuhkan serta kemudian menyimpan keseluruhan aktivitas dalam memori penyimpanannya.

Saat ini komputer adalah satu-satunya alat tercanggih yang mempermuda kerja manusia dalam berbagai bidang. Bisa di bayangkan hidup kembali ke masa lalu ketika segala sesuatu harus di lakukan secara manusl, tibet bukan? untuk mengetahui berbagai jenis komputer yang ada sekarang ini silah baca artikelnya di sini


Blog, Updated at: Sunday, October 21, 2012

0 comments: