Loading...

Kista Ovarium adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kista Ovarium. Kista Ovarium disebut juga kista indung telur. Kista adalah istilah untuk menyebut tumor jinak yang berbentuk kisti atau kantung  atau terkadang berbentuk gelembung-gelembung seperti buah anggur. Kista dapat berisi cairan, udara, nanah ataupun bahan-bahan lain. Kista terdapat pada berbagai jaringan dan organ dan sering dinamai sesuai lokasinya, misalnya kista kandung kemih, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pankreas, kista vagina, kista kulit, kista tiroid.

Kista di sebut kanker jinak karena sel-sel kanker ini terbungkus semacam jaringan yang membuatnya terpisah dari sel-sel normal disekitarnya sehingga tidak menyebar. Oleh sebab itu kista tidak membahayakan kesehatan penderita dan dapat diangkat dan di sembuhkan dengan jalan pembedahan. Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi.

Kista ovarium adalah kista yang berkembang pada ovarium wanita. Kista ovarium adalah penyakit yang sangat di takuti oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya, tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah kesehatan dan dapat menghalangi ovulasi sehingga menyulitkan upaya kehamilan.

Penyebab kista ovarium beranekaragam tergantung dari jenis kistanya. Contoh kista yang paling umum adalah kista Folikel. Penyebab kista folikuler adalah karena pertumbuhan folikel ovarium yang tidak terkontrol. Folikel adalah suatu rongga cairan yang normal terdapat dalam ovarium. Pada keadaan normal, folikel yang berisi sel telur ini akan terbuka saat siklus menstruasi untuk melepaskan sel telur. Namun pada beberapa kasus, folikel ini tidak terbuka sehingga menimbulkan bendungan carian yang nantinya akan menjadi kista.

Untuk mengetahui jenis-jenis Kista Ovarium dan penyebabnya silah baca di sini


Blog, Updated at: 9:08:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com