Hantu dan Jenis-jenis hantu

Hantu dan jenis-jenis hantu. Hantu identik dengan roh jahat dan suka mengganggu, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bahkan ada yang merangukan bahwa hantu suka menganggu manusia. Menurut sebagian orang ini, para hantu itu hanya ingin menampakan diri untuk dilihat dan di percayai eksistensinya. Hal ini serupa sekali dengan definisi kontemporer tentang apa itu hantu.

Secara kontemporer hantu di definisikan sebagai roh orang mati yang dapat membuat dirinya terlihat, dirasakan dan didengar oleh orang yang masih hidup karena masih memiliki hal yang belum terselesaikan di dunia ini atau istilah kerennya unfinish bussines.  Frederick W.H Myers, salah satu dari pendiri Society for Psychical Research (SPR) sebuah kelompok peneliti yang meneliti tentang hantu dan sejenisnya yang didirikan di london pada tahun 1882, berpendapat bahwa hantu adalah manifestasi dari energi seseorang yang tertinggal yang berhubungan sangat erat dengan keberadaan orang tersebut semasa hidup di dunia ini. Karena itu biasanya hantu sesorang selalunya berhubungan dengan tempat-tempat atau kejadian-kejadian yang berhubungan erat dengan si mati.

Kata hantu digunakan secara luas dalam masyarakat kita. Tetapi parapsycologist atau mereka yang mempelajari tentang fenomena jiwa lebih cenderung menggunakan istilah penampakan. Meski hantu bukan hanya muncul dalam bentuk penampakan. Bahkan ada hantu yang sama sekali tidak berwujud sehingga tidak nampak tapi bisa di rasa, dibaui ataupun didengar. Berdasarkan hal itu maka munculah pegelompokan hantu berdasarkan wujud kemunculannya. Secara umum jenis-jenis hantu dikelompokan menjadi 8 tipe, yaitu:

Jenis-jenis hantu atau penampakan

1. Penampakan di masa Krisis (Crisis Apparitions) adalah penampakan/ hantu seseorang yang sedang berada dalam keadaan sekarat namun orang tersebut belum manti.
2. Kembaran hantu (Doppelganger). Seseorang yang melihat hantu dirinya sendiri atau hantu orang lain yang masih hidup.
3. Hantu gentayangan. Hantu gentayangan adalah istilah untuk menyebut penampakan roh orang mati yang gelisah karena ada sesuatu hal yang belum diselesaikan di masa hidupnya. Sepeti misalnya hantu dari orang yang mati terbunuh atau hantu dari orang yang tidak dikubur secara benar.
4. Hantu siklus atau cyclic ghost yaitu hantu atau penampakan yang muncul pada waktu dan hari yang sama setiap bulan, atau tahun.
5. Hantu rekaman atau Psychic recording ghost adalah hantu yang mengulang kejadian di masa hidupnya dan tidak memberi respon pada campur tanga manusia. Hantu seperti ini biasanya muncul secara rombongan, seperti hantu tentara yang sedang berbaris, dan sebagainya.
6. Poltergeist adalah hantu yang muncul dalam bentuk energy jahat yang membuat keributan, mengerakan benda-benda dan membuat gangguan fisik terhadap para korbannya.
7. Penampakan sebelum mati (Deathbed apparitions) adalah hantu atau penampakan yang dilihat oleh seseorang yang sebentar lagi akan mati (sekarat). Biasanya dalam bentuk sosok malaikat, orang yang dicintai, tokoh agama, dll
8. Penampakan orang suci. Panampakan atau supernatural yang menjadi manifestasi dari orang-orang yang disucikan. Seperti penampakan Budha, Perawan maria, Yesus dll.
Comments
0 Comments