Loading...

Enggang adalah |Burung Enggang Simbol Suku Dayak

Pengertian dan definisi Enggang. Enggang adalah nama suatu jenis burung besar anggota keluarga Bucerotidae yang memiliki paruh yang besar dimana diatas paruhnya yang besar tersebut terdapat tonjolan menyerupai cula. Burung enggang adalah burung yang disucikan dalam  legenda adat suku Dayak kalimantan. Bulu burung enggang seringkali digunakan dalam upacara-upacara suci adat termasuk sebagai kostum dalam tari-tarian tradisional suku dayak. Burung Enggang juga merupakan binatang ybulu enggangang menjadi maskot propinsi kalimantan barat dan menjadi simbol suku Dayak kalimantan termasuk dalam kategori binatang yang dilindungi. Hal ini karena burung ini banyak di buru untuk diambil paruh dan bulunya dan diselundupkan keluar pulau.

Burung enggang atau yang juga dikenal sebagai burung rangkong atau dalam bahasa inggrisnya di sebut Hornbill Bird merupakan burung pemakan segala, dari buah-buahan terutama buah pohon beringin hingga serangga, tikus, kadal, cicak, ular, kelelawar, rangkong, dll. Burung ini merupakan hewan native pulau Kalimantan atau pulau Borneo yang juga tersebar di beberapa tempat di Asia dan Ifrika. Setidaknya ada 57 jenis species burung Enggang yang ada di dunia. Dimana 9 diantaranya menjadi endemik di afrika dan beberapa jenis lainnya sudah termasuk dalam kategori burung langka bahkan ada yang sudah akan punah.

Untu mengetahui ke 57 species burung Enggang dapat di lihat pada artikel: Jenis-jenis Burung Enggang | Macam-macam Species Burung Rangkong


Blog, Updated at: 9:02:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com