Cara Bertanam Jamur secara Organik | Organik Mushrooms

Cara Bertanam Mushrooms secara Organik. Mushrooms adalah sejenis jamur yang banyak di konsumsi oleh manusia. Selain karena rasanya yang lezat,  juga karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Jenis mushroom yang paling banyak di budidayakan adalah jenis jamur merang. Cara bertanam jamur sebenarnya sangat mudah. Hanya saja kita terkadang males untuk memulainya dan lebih senang membeli jamur yang sudah siap masak. Padahal, dari segi keamanan, menanam jamur sendiri dan beli itu sangat berbeda. Terkadang jamur yang dijual di pasar tidak ditanam secara baik sehingga terkadang banyak mengandung residu pestisida sisa-sisa penyemprotan yang berbahaya bagi kesehatan.

Cara bertanam jamur yang paling sering kita temui adalah dengan cara tradisional yang biasa di lakukan oleh petani jamur pada umumnya. Cara bertanam jamur seperti ini biasanya tidak membutuhkan penyemprotan pestisida yang sangat berbahaya itu. Berikut ini adalah langkah-langkah cara bertanam jamur secara organik:

Cara bertanam jamur secara Organik

1. Persiapan Media tanam. Media tanam biasanya berupa jerami yang dibikin kompos, lalu dicampur dengan dedak / bekatul dan kapur. Selain itu diperlukan kompos pelapis dari bahan kapas afkir, bekatul dan kapur. Pembuatan kompos ini sangat mudah hanya saja membutuhkan waktu yang lama untuk dapat digunakan. Karena kompos harus dimatangkan terlebih dahulu. Cara pembuatan komposnya adalah sebagai berikut: Jerami disiram air sampai jenuh kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain. Lalu biarkan bertumpuk dalam jaluran selama beberapa hari. Jangan lupa agar selalu di bolak balik agar kematangan kompos menjadi merata. Biasanya setelah sekitar 2 minggu kompos telah siap.

2. Strerilisasi media. Sterilisasi media dilakukan secara pasteurisasi dengan uap panas / steam hingga mencapai temperatur 60 Celsius. Hal ini dimaksudkan agar bibit jamur atau penyakit yang mungkin ada terbunuh dan mati. Kemudian setelah pasteurisasi selesai, turunkan kembali suhu pada 30 celsius.  Lalu taburkan bibit pada kompos pelapis. Jaga suhu agar tetap stabil dan ruangan tetap lembab dengan cara penyemrotan uap air atau pengabutan.

3. Masa Panen. Pada hari ke 14  biasanya jamur sudah mulai tumbuh. Pada masa-masa ini penyiraman dan pengabutan sangat di perlukan agar udara sekitar tetap lembab dan jamur dapat tumbuh dengan baik. Panen dapat dilakukan setelah jamur mencapai ukuran yang dikehendaki konsumen.

Untuk mengetahui cara atau paduan menanam jamur secara organik dan profesional, silah baca buku paduannya di sini
Comments
0 Comments