Loading...

Budaya dan Kebudayaan | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Budaya dan Kebudayaan. Budaya dan kebudayaan adalah berasal dari kata yang sama namun memiliki arti yang relatif berbeda. Budaya adalah sebuah kata dasar. Sedangkan Kebudayaan adalah kata budaya yang mendapat imbuhan ke dan an. Budaya berasal dari kata sansekerta buddayah yang nerupakan bentuk jamak dari kata budhi yang artinya akal. Budaya artinya mempunyai pikiran dan akal budi. Kebudayaan adalah hasil dari kegiatan, pengetahuan dan penciptaan akal budi manusia sebagai makhluk individu dan sosial yag digunakan bagi kesejahteraan hidupnya.

Kebudayaan juga dapat diartikan sebagai hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang dilakukan secara sadar. Cipta, rasa dan karsa adalah faktor yang menghasilkan kebudayaan. Cipta adalah kemampuan akal pikiran yang menghasilkan ilmu pengetahuan. Rasa adalah kemampuan indra yang mendorong manusia mengembangkan rasa indah yang mampu menghasilkan karya-karya seni atau kesenian. Dan karsa adalah sebuah kehendak manusia terhadap kesempurnaan hidup, kemuliaan dan kebahagiaan.

Budaya dan kebudayaan memiliki keanekaragaman. Keanekaragaman budaya dan kebudayaan tersebut diperngaruhi oleh faktor geografis, kondisi lingkungan dan kemajemukan suku bangsa.  Selain itu kebudayaan juga memiliki unsur-unsur dan aspek-aspek yang membedakan satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain. Untuk mengetahui apakah sajakah unsur-unsur dan aspek-aspek budaya silah baca di Sini.


Blog, Updated at: 7:00:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com