Thiamin adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Thiamin. Thiamin atau aneurin adalah salah satu jenis vitamin B-Compleks. Thiamin atau thiamine atau tiamina adalah nama lain dari vitamin B1. Thiamin adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Tiamina terdiri atas cincin pirimidina dan cincin thiazola yang mengandung sulfur dan nitrogen yang dihubungkan oleh jembatan metilen.

Thiamin juga di kenal sebagai vitamin berenergi karena memiliki efek yang bermanfaat bagi sistem saraf dan energi. Thiamin diperoleh dari hasil pemisahan suatu bahan aktif yang dikeluarkan dari butir padi yang dihaluskan. Thiamin berfungsi untuk melindungi kesiagaan mental agar otak dapat bekerja dengan normal serta berperan dalam proses pengeluaran energi dari karbohidrat, lemak, alkohol dan juga dapat membatu kinerja sistem pencernaan.

Kekurangan Thiamin atau tiamina dapat menyebabkan penyakit bagi tubuh.  Asupan tiamina yang tidak cukup dapat  menyebabkan penyakit beri-beri, yang memengaruhi sistem saraf tepi dan sistem kardiovaskular.  Selain itu Kekurangan vitamin B1 Thiamin  juga dapat menyebabkan sindrom Wernicke-Korsakoff.


Blog, Updated at: Monday, September 03, 2012