Loading...

Reaksi Fisi | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Reaksi Fisi. Reaksi Fisi adalah reaksi pembelahan inti atom berat menjadi beberapa inti atom  ringan yang disertai pelepasan energi yang besar. Energi yang dihasilkan dalam reaksi fisi dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang berguna. Namun untuk dapat menggunakan energi tersebut, reaksi fisi harus berlangsung secara terkendali di dalam sebuah reaktor nuklir.  Reaktor nuklir ini berfungsi untuk mengontrol agar proses reaksi fisi berlangsung secara terkendali. 

Seperti halnya pada reaksi Fusi, tidak semua inti unsur bisa mengalami reaksi fisi. Hanya inti unsur-unsur tertentu saja yang dapat bereaksi fisi seperti unsur  238U, 235U, 233U dan 239Pu. Unsur 238U dan 235U adalah unsur yang terdapat di alam, sedangkan unsur 233U dan 239Pu adalah unsur buatan yang terdapat dialam karena merupakan hasil dari reaksi inti 232Th dan 238U dengan neutron.

Reaksi Fisi biasanya terjadi secara berantai yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
X + n ——> X1 + X2 + (2 - 3) n + E.

Manfaat dan Fungsi reaksi Fisi dalam kehidupan manusia

Contoh reaksi fisi yang paling umum adalah senjata nuklir atau bom atom dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Dalam kedua aplikasi ini reaksi fisi mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. Reaksi fisi yang digunakan dalam pembuatan bom atom berfungsi sebagai tenaga pemusnah massal yang dimanfaatkan sebagai alat untuk menyerang dan pertahanan suatu negara. Sedangkan reaksi fisi yang digunakan sebagai pemangkit tenaga listrik berfungsi sebagai sumber energi yang bermanfaat untuk kesejahteraan umat manusia.


Blog, Updated at: 9:46:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com