Loading...

Piridoksin atau Pyridoxine adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi Pyridoxine. Pyridoxine atau piridoksina adalah nama lain dari vitamin B6, salah satu jenis vitamin B-compleks. Piridoksin dalam bentuk Piridoksal fosfat (PLP) adalah bentuk aktif dari vitamin B6 dan merupakan kofaktor dalam berbagai reaksi metabolisme asam amino, termasuk diantaranya proses transaminasi, deaminasi, dan dekarboksilasi. PLP juga diperlukan dalam reaksi enzimatis yang mengatur proses pelepasan glukosa dari glikogen.

Vitamin B6 Pyridoxine juga dikenal sebagai vitamin wanita, karena efek dan manfaatnya yang terkaid dengan siklus kewanitaan seperti menstruasi atau haid. Vitamin B6 Piridoksin diperlukan tubuh dalam jumlah yang relatif sedikit, namun manfaat yang ditimbulkannya sangat besar. Kekurangan vitamin B6 Piridoksin dapat menyebabkan timbulnya gejala pre-menstruasi, turunnya jumlah sel darah putih, pembengkakan bagian perut, kulit kaki dan tangan berminyak disertai kerak dan bersisik disekitar mata, hidung dan mulut.

Sumber vitamin B6 Piridoksin antara lain adalah pisang, daging ayam, ikan, kacang polong, jeruk, susu, dan berbagai jenis makanan yang dibuat dari biji gandung seperti roti dan bubur gandun. Vitamin B6 piridoksin umumnya aman dikonsumsi tanpa ada kasus keracunan yang dilaporkan. Karena seperti jenis vitamin B-Compleks lainnya, vitamin B6 Piridoksin adalah vitamin yang larut dalam air sehingga bisa di konsumsi setiap hari. Namun begitu dosis yang berlebih perlu pengawasan medis yang tepat.

Manfaat vitamin B6 piridoksin antara lain adalah dapat mencegah penyakit kista (cystitis), dapat mengobati influenza, dan radang selaput ikan (konjungtivitis).


Blog, Updated at: 3:47:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com