Loading...

NADH adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi NADH. NADH adalah singkatan dari Nikotinamida Adenosin Dinukleotida Hidrogen. NADH adalah sebutan bagi molekul NAD+ yang tereduksi dengan penambahan 1 atom hidrogen. NADH ditemukan di alam  dan di semua sel hidup baik tanaman, hewan ataupun manusia. NADH disebut juga Hal ini disebut koenzim 1. Semua 60 triliun sel yang ditemukan dalam tubuh manusia telah berisi NADH. NADH merupakan bentuk koenzim aktif dari vitamin B3 Niacin.

Niacin atau niasin adalah salah satu jenis vitamin B-Kompleks yang memainkan peran penting dalam sistem syaraf. Niacin juga di kenal sebagai vitamin PP atau pencegah pelagra karena fungsinya yang memampu mencegah seseorang terjangkit penyakit pelagra yang gejalanya meliputi diare, gatal-gatal pada kulit dan gangguan mental.

Dalam metabolisme sel, NADH merupakan hasil reduksi dari NAD+ dan H+. NADH yang terbentuk kemudian mengalami oksidasi menjadi NAD+. Begitu seterusnya. Proses pembentukan NAD+ dan NADH terjadi dalam proses respirasi sel.  NADH adalah sumber energi setara 3 ATP (Adenosin Trifosfat).

NADH memegang peranan penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup. Baik itu hewan, tumbuhan apalagi manusia. NADH berfungsi untuk meningkatkan energi sel yang berhubungan langsung dengan aktivitas fisik dan mental makhluk hidup. Ketika NADH yang dibutuhkan tubuh tercukupi, aktivitas makhluk hidup akan berjalan dengan lancar. Begitu pula sebaliknya. NADH juga berfungsi untuk menjaga agar sel dapat bertahan hidup lebih lama dan mencegah timbulnya penyakit degenartif yang mengurangi kualitas hidup. Kekurangan NADH pada tubuh dapat di penuhi dengan asupan vitamin B3 Niacin yang cukup.


Blog, Updated at: 9:39:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com