Monosakarida | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Monosakarida. Monosakarida adalah gula sederhana penyusun karbohidrat yang tidak dapat  dihidrolisis menjadi bentuk yang lebih sederhana. Monosakarida merupakan senyawa pembentuk disakarida (seperti sukrosa) dan polisakarida (seperti selulosa dan amilum). Monosakarida digolongkan berdasarkan jumlah atom karbon yang dikandungnya dan gugus aktifnya. Monosakarida dengan enam atom disebut heksosa, misalnya glukosa dan fruktosa. Monosakarida dengan lima atom disebut pentosa. Contoh pentosa antara lain xilosa, arabinosa dan ribosa. Sedangkan gugus aktif monosakarida bisa berupa aldehida atau keton seperti misalnya aldoheksosa dan ketotriosa.

Monosakarida sederhana mempunyai rantai karbon yang lurus dan tidak bercabang dengan satu grup fungsional karbonil (C=O), dan satu grup hidroksil (OH) di setiap atom karbon yang tersisa.
  • Rumus Molekul Monosakarida sederhana adalah: H(CHOH)n(C=O)(CHOH)mH dimana n+1+m = x; maka,
  • Rumus Elemen monosakarida adalah: CxH2xOx.
Rumusa bangun monosakarida dianggap merupakan turunan dari gliseraldehida yaitu gugus karnobil yang disunstitusi dengan gugus lain sehingga menjadi D-glukosa, D-fruktosa atau jenis gula sederhana la
in.

Untuk mengetahui jenis-jenis Monosakarida silah baca tautan: Jenis-jenis Monosakarida | Klasifikasi Karbohidrat


Blog, Updated at: Sunday, September 02, 2012