Kuarto – Ukuran Kertas | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kuarto. Quarto adalah ukuran kertas yang banyak digunakan dalam karya tulis. Kertas kuarto  adalah nama lain dari kertas berukuran A4 yaitu kertas yang mempunyai ukuran 21 x 29,7 cm.

Sebenarnya masalah kertas yang berukuran kuarto ini banyak sekali simpang siurnya. Dalam dunia perkertasan (produksi kertas), ukuran kuarto bukanlah istilah resmi yang banyak di gunakan sebagai ukuran kertas. Sama halnya dengan folio ataupun yang lainnya. Karena itu banyak kesimpang siuran mengenai dimensi kertas berukuran kuarto.

Ada beberapa tempat yang menyamakan kertas kuarto sebagai kertas berukuran letter seperti yang tertera dalam ukuran kertas di MS Word. Kertas berukuran letter mempunyai dimensi yang lebih lebar manun lebih pendek di bandingkan kertas A4, yaitu: 21,5 x 27,9 cm. Namun di Indonesia Kertas Kuarto di samakan dengan kertas A4. Hal ini pasti berhubungan dengan definisi kertas kuarto itu sendiri. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kuarto adalah ukuran kertas yang mempunyai dimensi lebar: 21 cm dan panjang 29 cm. Dan satu-satunya ukuran kertas resmi yang mempunyai dimensi 21 x 29 cm adalah kertas berukuran A4. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kuarto adalah sama dengan A4.

Sebelum membuat dokumen baik naskah maupun karya tulis lainnya di Microsoft Word, hal yang sebaiknya lebih dahulu dikerjakan adalah mengatur ukuran kertas yang akan dipergunakan, mengatur margin serta orientasi kertas. Biasanya secara default, ukuran kertas yang digunakan di MS word adalah A4. Itu artinya default kertas yang digunakan adalah kertas Kuarto.
Comments
0 Comments