Kertas HVS | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi kerta HVS. HVS adalah singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS  dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

Kertas HVS merupakan kertas tulis berkualitas tinggi yang muncul dengan berbagai ukuran. Baik ukuran dimensi (pxl) maupun ukuran berat. Di Indonesia kertas HVS biasanya di produksi dengan 3 tingkat ukuran berat yaitu 60 gr, 70 gr dan 80 gr. Sementara ukuran dimensi kertas HVS biasanya di buat dalam 2 pilihan, yaitu kertas HVS ukuran Kuarto dan kertas HVS ukuran Folio.

Kertas HVS ukuran Kuarto adalah sebutan untuk kertas HVS berukuran A4, yaitu 21 x 29,7 cm.. Sedangkan kertas HVS ukuran Folio adalah kertas HVS berukuran 21.5 x 32,5 cm. Untuk mengetahui jenis-jenis atau macam-macam ukuran kertas silah baca artikelnya di sini 
Comments
0 Comments