Hereditas adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Hereditas. Hereditas adalah suatu proses penurunan sifat-sifat dari induk keketurunannya melalui gen dan bukan dalam bentuk tingkah laku melainkan struktur tubuh. Pendapat ini dicetuskan oleh Witherington. Secara umum hereditas diartikan sebagai pewarisan sifat dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen (DNA) atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial. Pewarisan sifat ini biasanya berhubungan dengan struktur tubuh dan bukan tingkah laku. Karena tingkah laku makhluk hidup lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

Hereditas adalah sebuah konsep yang telah berkembang sejak zaman filsuf Yunani kuno. Dari Theophrastus, Hiprokrates, Aristoteles hingga Aeskhylus. Hiprokrates menduga bahwa "benih/sifat" diproduksi oleh berbagai anggota tubuh dan di wariskan pada saat pembuahan. Sedang Aristoteles menduga bahwa semen pejantan dan betina becampur pada saat pembuahan. Konsep tentang hereditas yang lebih ekstrim lagi adalah teori Pangenesis yang mempercayai bahwa pewarisan sifat berhubungan erat dengan hubungan darah. Karena itu muncul istilah darah murni, darah turunan, dan darah bangsawan. Teori Pangenesis kemudian di patahkan oleh Francis Galton, sepupu dari Charles Darwin melalui sebuah percobaan.

Dalam ilmu Biologi, Hereditas di pelajari lebih lanjut pada cabang ilmu biologi yaitu Genetika. Ahli genetika ternama adalah seorang pendeta Merovian bernama Gregor Mendel yang teorinya tentang pewarisan sifat telah menjadi dasar dari ilmu genetika dan dipelajari hingga kini. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Gregor Mendel silah baca artikel: Gregor Mendel | Bapak Genetika Modern
Comments
0 Comments