Glikogenolisis adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Glikogenolisis. Glikogenolisis adalah proses pemecahan glikogen. Glikogen adalah bentuk karbohidrat yang tersimpan dalam sel hewan. Glikogen disebut juga pati hewan. Tempat penyimpanan glikogen adalah hati dan otot. Glikogenolisis terjadi jika asupan makanan tidak cukup memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh sehingga untuk mendapatkan energi, tubuh mengambil alternative lain yaitu dengan menggunakan simpanan glikogen yang terdapat dalam hati atau otot.

Glikogenolisis adalah reaksi hidrolisis glikogen menjadi glukosa, perubahan glikogen menjadi sumber energi merupakan proses katabolisme cadangan sumber energi. Enzim utama yang berperan dalam glikogenolisi ini adalah glikogen fosforilase. Proses glikogenolisis terkandang menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Glikogen dalam hati akan di glikogenolisis setelah 12-18 jam puasa. Glikogen dalam otot hanya akan mengalami glikogenolisis setelah seseorang melakukan olah raga yang berat dan lama.

Proses glikogenolisis jika terjadi secara terus menerus akan dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi liver. Kerusakan pada fungsi liver akan mneyebabkan penyakit yang sebagian besar tidak dapat diobati dan berakhir dengan kematian. Penyakit liver adalah penyakit yang sering timbul pada mereka yang pekerja keras tetapi tidak mempunyai sumber energi yang banyak. Kekurangan sumber energi terjadi karena para pekerja yang workalkoholik itu terkadang lupa makan tepat waktu sehingga kebutuhan tenaga untuk melakukan kerja sangat banyak tetapi asupan energi kurang dan tidak dapat memenuhi kebutuhan. Akhirnya untuk dapat memenuhi kebutuhan energi tersebut, tubuh terpaksa harus merubah glikogen menjadi glukosa sehingga terjadilah peristiwa Glikogenolisis.  


Blog, Updated at: Monday, September 03, 2012