Glikogen adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Glikogen. Glikogen adalah bentuk karbohidrat yang tersimpan dalam sel hewan. Glikogen sering disebut juga sebagai pati hewan. Jika kadar glukosa dalam tubuh terlalu tinggi maka beberapa sel akan mengubah glukosa menjadi glikogen sebagai cadangan energi. Sehingga ketika sewaktu-waktu tubuh kekurangan energi, glikogen dapat dipecah kembali menjadi glukosa.

Glikogen banyak terdapat pada hati dan otot bersifat larut dalam air, serta bila bereaksi dengan iodin akan berwarna merah. Glikogen dalam hepar mengalami deplesi setelah 12-18 jam puasa. Glikogen dalam otot hanya akan mengalami deplesi setelah seseorang melakukan olah raga yang berat dan lama. Proses Sintesis Glikogen dari glukosa disebut glikogenesis. Proses pemecahan Glikogen menjadi glukosa disebut glikogenolisis.

Dalam metabolisme otot jantung (Miokardium), Glikogen merupakan sumber energi penting. Pemecahan glikogen secara enimatis menjadi asam piruvat dan asam laktat membebaskan energi yang di gunakan untuk mengubah ADP menjadi ATP dan mengisi kembali craetinin phospat. Metabolisme otot jantung berlangsung secara terus menerus sehingga kosentrasi ATP yang di perlukan untuk kontraksi jantung selalu terpenuhi. 
Comments
0 Comments