Detik adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi detik. Detik adalah satuan waktu dalam Sistem International (SI) yang didefinisikan sebagai durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133 pada temperatur 0oC. Detik merupakan ukuran waktu yang sama dengan 1/60 menit. Detik juga bisa diartikan sebagai waktu yang sangat singkat.

Detik sebagai jangka waktu yang terpendek seringkali digunakan sebagai pengganti istilah waktu yang sangat singkat atau saat. Detik dinyatakan sebagai tiruan bunyi arloji yang jarum panjangnya sedang bergerak. 1 detik sama dengan seper enampuluh menit atau seper tigaratus enam puluh jam.

Kata detik menjadi pengganti kata waktu sesaat yang sangat baku. Setiap hal yang terjadi dalam waktu sesaat saja dinyatakan dengan menggunakan perumpaan kata detik. Bahkan jika kejadian itu terjadi dalam waktu yang relatif lama, tetapi orang yang mengalaminya belum puas, maka istilah yang digunakan tetaplah menggunakan kata detik. Istilah detik telah menjadi istilah yang sudah mendunia. 


Blog, Updated at: Monday, September 03, 2012