Desikator adalah | Pengertian dan Definisi Eksikator

Pengertian dan definisi Desikator. Desikator adalah sebuah panci bersusun dua yang digunakan sebagai  tempat menyimpan bahan yang sudah dikeringkan. Desikator disebut juga Eksikator. Mengapa bahan yang sudah dikeringkan harus di simpan di Desikator? Menyimpan bahan yang sudah dikeringkan di desikator adalah untuk mempertahankan kelembaban bahan yang peka terhadap pengaruh udara lembab. Jika benda yang dikeringkan terkena lembab maka otomatis kadar air bahan  meningkat lagi. Sehingga untuk mengukur kadar air nya harus dikeringkan sekali lagi

Pengertian Eksikator

Mangkuk desikator biasanya terdiri dari dua tingkat. Tingkat paling bawah biasanya diisi dengan bahan  yang bisa menyerap uap air seperti silika gel. Tingkat atas biasanya di gunakan untuk menyimpan bahan yang sudah dikeringkan. Penutup desikator juga terbuat dari bahan kaca yang berat dan tebal dan biasanya susah di lepas dalam keadaan dingin, karena dilapisi oleh vaselin untuk mencegah masuknya uap air kedalam eksikator.

Secara umum, desikator terdiri dari 2 tipe, yaitu: Desikator biasa dan Desikator Vakum. Desikator vakum adalah desikator yang dapat mempertahankan kelembapan rendah pada tekanan tidak lebih dari 20 mmHg atau pada tekanan lain yang ditetapkan dalam monografi. Desikator vakum pada bagian tutupnya ada katup yang bisa dibuka tutup, yang dihubungkan dengan selang ke pompa.


Blog, Updated at: Saturday, September 15, 2012