Daur Air - Siklus Hidrologi | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Daur Air atau Siklus Hidrologi. Daur Hidrologi adalah siklus perputaran air dibumi. Air merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh berbagai jenis kehidupan. Tanpa air kita tidak bisa hidup. Air dapat di jumpai di berbagi tempat di  permukaan bumi dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa cairan dan ada juga yang berbentuk uap air. Air juga ditemukan diberbagai tempat, dilaut ataupun di darat, dikedalaman bumi atau pun di atsmosfer. Di pegunungan ataupun di lembah dan juga dalam tubuh makhluk hidup. Perpindahan air dari dari darat - ke udara – ke makhluk hidup – lalu kembali ke bumi lagi itulah yang disebut siklus air.

Dalam Siklus air air dapat ditemukan pada beberapa tempat:

1. Di atmosfer, air  berada dalam bentuk uap air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tiga perempat luas permukaan bumi. Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah.

2. Pada tumbuhan air diperoleh melalui penyerapan akar di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui tranpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90% penguapan pada ekosistem darat.

3. Pada Hewan dan manusia , air diperoleh langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan. Manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah. Air dari hewan dan manusia sebagian besar keluar dalam bentuk urin dan keringat.

4. Pada Air tanah dan air permukaan sebagian diperoleh dari hasil ekresi hewan dan manusia, namun sebagian besar dari hasil penampungan air hujan yang kemudian ditampung di sungai, di danau dan di laut. Sebagian besar air tersebut digunakan oleh makhluk hidup terutama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sebagian kecil mengalami penguapan akibat panas sinar matahari dan menjadi uap air di atmosfer.

Siklus air terbagi menjadi 2, yaitu: Siklus Panjang dan siklus pendek. Siklus air yang dimulai dari air tanah dan air permukaan yang mengalir ke sungai kemudian ke danau dan ke laut disebut siklus panjang. Sedangkan siklus yang dimulai dengan proses Transpirasi dan Evapotranspirasi dari air yang terdapat di permukaan bumi, lalu diikuti oleh Presipitasi atau turunnya air ke permukaan bumi disebut Siklus Pendek.


Blog, Updated at: Sunday, September 23, 2012