Loading...

Atmosfer adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Atmosfer. Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa.  Atmosfer berasal dari bahasa Yunani: atmos  yang berarti uap dan spheira  yang berarti bola. Tidak semua planet memiliki atmosfer yang dapat mendukung kehidupan makhluk hidup seperti yang ada di bumi. Bahkan ada planet yang tidak memiliki atmosfer atau atmosfernya terlalu tipis. Ada atidaknya atmosfer pada suatu planet dapat menentukan kemungkinan ada tidaknya makhluk hidup yang menjadi penghuni planet tersebut.

Seperti telah kita ketahui bersama, atmosfer memegang peranan penting dalam kelangsungan makhluk hidup yang ada disekitarnya. Karena atmosfer mengandung unsur-unsur yang diperlukan oleh tubuh saat bernafas, seperti oksigen. Jika tidak ada atmosfer maka unsur-unsur gas tidak akan bisa tertap terkumpul di bumi dan pastinya akan lenyap ke luar angkasa.

Kebayakan istilah atmosfer dalam ilmu pengetahuan baik fisika, biologi, geografi maupun kimia merujuk pada atmosfer bumi. Karena bisa di katakan hingga saat ini belum ada pengetahuan yang menunjang untuk kita berbicara tentang atmosfer planet-planet lain kecuali hanya sedikit. Untuk mengetahui tentang atmosfer bumi secara lebih jelas dan terperinci silah baca artikel: Atmosfer Bumi | Pengertian dan manfaat


Blog, Updated at: 10:03:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com