Loading...

Asam Pantotenat adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi asam Pantotenat. Asam Pantotenat adalah salah jenis vitamin B-Compleks. Asam pantotenat disebut juga sebagai vitamin B5. Namun di sebagian wilayah Eropa, asam pantotenat dikenal sebagai vitamin B3. Vitamin B5 terdiri dari dua macam yaitu pantethine dan calsium pantothenate. Pantotenat sendiri berasal dari bahasa Yunani Panthos yang artinya dimana-mana. Hal ini berhubungan dengan keberadaan asam pantotenat yang dapat di jumpai hampir di berbagai jenis makanan.

Asam Pantotenat pertama kali ditemukan pada tahun 1930 an. Pada mas aitu asam pantotenat di pisahkan dari kulit ari padi. Baru setelah itu diketahui bahwa vitamin B6 asam pantotenat dapat ditemui dimana-mana dari jaringan tubuh kita, pada hewan hingga tumbuhan.  Bahan pangan yang dikenal paling banyak mengandung asam Pantotenat adalah brokoli. Selain itu ada banyak jenis bahan pangan lain yang merupakan sumber vitamin B5 asam pantotenat, diantaranya adalah: ragi, kuning telur, brokoli, hati, daging ayam, ikan, susu, kacang-kacangan, alpukat, dan ubi.

Manfaat vitamin B5 asam pentotenat antara lain adalah asam pantotenat berperan sebagai komponen koenzim A yang terlibat langsung dalam proses asetilasi dan pelepasan energi dari molekul makronutrien. Koenzim ini sendiri memegang peranan kunci dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Hasil dari metabolisme ini akan menghasilkan energi. Selain itu asam pantotenat juga berperan dalam sintesis senyawa spingolipida, fosfolipid, sterol, hormon pertumbuhan, sel saraf, dan antibodi.

Kekurangan vitamin B5 asam pentotenat sangat jarang sekali terjadi namun begitu jika asupan vitamin B5 asam pentotenat maka tubuh akan mengalami banyak gangguan kesehatan, seperti kekejangan, susah tidur, depresi, cepat lelah dan mati rasa. Kekurangan asam pentotenat biasanya hanya dialami oleh para pecandu alkohol dan manula karena kemampuan daya cerna makanan orang-orang tersebut berkurang sehingga nutrisi yang tidak langsung diserap tubuh akan mudah hilang. Sebagai solusinya maka perlu mengkonsumsi suplemen vitamin B5 yang banyak beredar di pasaran.


Blog, Updated at: 9:13:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com