Aransemen Musik adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Aransemen. Arasnemen adalah salah satu bentuk ciptaan yang berhubungan dengan penulisan musik baik yang berupa gubahan lagu atau penataan instrumennya. Aransemen berasal dari bahasa Belanda yaitu arrangement yang artinya susunan. Aransemen disebut juga transkripsi yang artinya alih tulis. Seseorang yang pekerjaannya membuat aransemen disebut pengaransemen atau aranger.
Jenis arasemen ada 3, yaitu:
  1. Aransemen Vokal
  2. Aransemen Instrumen
  3. Aransemen vokal dan instrumen yang biasanya disebut aransemen campuran
Aransemen Vokal adalah penataan susunan suara untuk sebuah lagu yang akan di nyanyikan. Pada dasarnya lagu dapat di aransemen vokal secara khusus. Artinya sebuah lagu itu dapat di nyanyikan oleh satu suara, dua suara. tiga suara, dan seterusnya. Yang paling mudah adalah menyususn aransemen vokal untuk satu atau dua suara. Sedangkan untuk tiga atau empat suara penataan vokalnya lebih susah  karena banyak persyaratan yang harus di perhatikan. Dalam menyusun aransemen vokal yang paling penting adalah bunyinya. Sebuah aransemen vokal tidak dapat diterapkan pada instrumen secara langsung tapi harus di ataur ulang lagi aransemennya menggunakan aransemen untuk intrumen.

Aransemen Instrumen adalah penataan alat musik yang akan dimainkan biasanya dalam bentuk instrumentalia. Semakin lengkap alat musik yang akan dipergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan. Untuk menyusun aransemen instrumen, seorang aranger harus memiliki bakat dan pengetahuan tentang musik  seperti partitur atau akord.

Aransemen campuran adalah gabungan dari aransemen vokal dan aransemen instrumen. Pada aransemen campuran yang ditonjolkan pada umumnya adalah vokalnya sedangkan instrumen hanya berfungsi sebagai pengiring. Untuk mengendalikan harmonisasi dan keseimbangan komposisi dalam menampilkan aransemen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yang dapat mengendalikan dan menjadi patokan yaitu disebut dengan istilah dirigen atau conductor.

Dalam arasemen campuran di kenal istilah komposisi aransemen yang meliputi:
1. Aransemen Intro: Adalah pembuatan aransemen untuk melodi pada awal lagu sebelum lagu pokok dimulai dinyanyikan.
2. Aransemen Interlude: Melodi tengah lagu
3.Aransemen Coda: Melodi akhir lagu.

Referensi:
  • Makalah seni musik SMP
  • Buku Panduan membuat aransemen



Blog, Updated at: Wednesday, September 26, 2012