Puasa | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Puasa. Menurut bahasa, definisi puasa adalah menahan diri dari sesuatu. Namun menurut syara’ (hukum Islam), puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan semua yang membatalkan puasa (nafsu atau yang memberi kenikmatan) mulai terbit fajar hingga terbenam matahari yang disertai dengan niat berdasarkan tujuan puasanya. 

Banyak orang awan yang menyamakan istilah puasa dengan diet tidak makan dan minum. Padahal puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga saja. Puasa bukan hanya tentang tidak makan dan minum. Tapi juga kemampuan manusia menahan nafsu yang menguasai hati dan pikiran. Nafsu untuk marah, nafsu untuk berbuat jahat, nafsu untuk menyalurkan kebutuhan jasmaniah. Dalam puasa semua jenis nafsu itu harus di tahan dan tidak bisa di lepaskan. Kemampuan menahan nafsu itulah yang akan menjadi syarat sahnya puasa.

Puasa merupakan amalan ibadah agama islam dimana puasa termasuk dalam salah satu dari 5 Rukun Islam. Puasa bukan hanya sekedar menahan makan dan minum, tapi juga memiliki beberapa syarat dan rukun yang harus diketahui dan dipenuhi. Tata aturan puasa antara lain”

1. Dasar Ibadah Puasa
2. Syarat sah puasa
3. Rukun puasa
4. Hal-hal yang membatalkan puasa
5. Yang boleh dan tidak boleh berpuasa
6. Sunnah Puasa


Blog, Updated at: Tuesday, August 07, 2012