Loading...

Magnetisme | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Magnetisme. Magnetisme atau gaya magnet adalah salah satu fenomena yang dimiliki oleh benda yang mempunyai medan magnet. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Magnetisme didefinisikan sebagai gejala fisik pada bahan yeng memiliki kemampuan menimbulkan medan magnet atau benda yang mampu berinteraksi dengan medan magnet. Benda yang mempunyai medan magnet disebut magnet. Magnet memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda logam disekitarnya. Kemampuan magnet untuk menarik benda-benda logam disekitarnya itulah yang disebut magnetisme atau sifat magnet atau gaya magnet.

Magnetisme berasal dari kata magnesia yaitu suatu tempat di Turki utara dimana di tempat itu banyak ditemukan batu yang bisa menarik logam-logam tertentu. Batu magnesia ditemukan pertama kali sekitar 2000 tahun silam oleh bangsa Yunani. Batu magnesia sebenarnya adalah sejenis biji besi yang mempunyai medan magnet sehingga dapat menarik benda-benda logam yang ada di sekitarnya.

Walaupun seluk beluk magnetisme belum dipahami sepenuhnya, gaya magnet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Banyak peralatan mesin yang memanfaatkan sifat-sifat magnet, mulai dari sistem penyulutan mobil hingga motor listrik.


Blog, Updated at: 1:36:00 PM
Comments
0 Comments

Download APP KAMUSQ.com