Kanker - Cancer | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kanker. Kanker adalah tumor yang sangat ganas yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon sehingga mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal.  Kanker terbentuk dari akibat dari pertumbuhan sel yang rusak yang bersifat imortal dan terus menerus membelah diri.

Sel normal menjadi sel kanker Pada umunya, sel normal yang rusak dan tua akan segera mengalami kematian. Namun pada kondisi tertentu dan karena keadaan tertentu, sel yang rusak ini tidak mati tapi malah tumbuh dan berkembang, maka terbentuklah kanker. Kanker yang terbentuk memiliki kemampuan sel untuk:
  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, yang disebut dengan metastasis.
Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker adalah hiperplasia, displasia, dan neoplasia. Hiperplasia adalah keadaan saat sel normal dalam jaringan bertumbuh dalam jumlah yang berlebihan. Displasia merupakan kondisi ketika sel berkembang tidak normal dan pada umumnya terlihat adanya perubahan pada nukleusnya. Pada tahapan ini ukuran nukleus bervariasi, aktivitas mitosis meningkat, dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan. Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah berproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif.

Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Kanker dibedakan menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada jenis organ atau sel tempat terjadinya kanker.


Blog, Updated at: Thursday, August 09, 2012