Drag and Drop | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Drag and Drop. Drag and Drop adalah sebuah istilah yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Tarik dan Letakkan. Yang dimaksud dengan istilah Drag and Drop adalah kegiatan memilih suatu obyek menggunakan mouse dengan cara mengklik objek lalu menekan tombol mouse sebelah kiri untuk memindahkan objek ke lokasi baru dan kemudian meletakkan obyek tersebut di lokasi tersebut.  Kegiatan menekan mouse sebelah kiri dan menariknya ke lokasi baru di sebut dengan istilah Drag. Sedangkan meletakan objek di lokasi baru tersebut di sebut Drop.

Contoh kegiatan Drag and Drop yang biasanya dilakukan adalah saat kita mensetting header page di Facebook. Setelah kita mengupload foto header biasanya ada perintah drag and drop picture sesuai selera. Drag and drop juga banyak di gunakan dalam banyak aplikasi seperti MS Word, Dream weaver, dll. 

Dalam beberapa hal, drag and drop identik dengan copy dan paste.  Hanya saja jika menggunakan copy - paste, aktivitas klik kanan di ikuti dengan klik kiri baru di pindahkan. Memang tidak ada sama sekali kegiatan tarik dan jatuhkan. tapi setidaknya tujuannya adalah sama, yaitu memindah lokasikan suatu objek.
Comments
0 Comments